Sabtu, 29 Desember 2012

Lawan Pengusaha, Buruh Siap Demo Besar-besaran Januari 2013

Jakarta - Pernyataan-pernyataan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) membuat kalangan buruh 'gerah'. Ancaman PHK sampai 1 juta pekerja, hingga penangguhan Upah Minimum Provinsi (UMP) ribuan pengusaha membuat buruh berniat kembali turun ke jalan.

Presiden Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) Said Iqbal menyampaikan sikap pandangannya soal masalah tersebut, antara lain:

1. Ancaman PHK hampir 1 juta buruh (957.000 buruh) adalah hanya upaya Apindo/Kadin dan pengusaha nakal untuk mengingkari pembayaran UMP tanpa harus diaudit kerugian keuangan perusahaan dan tidak membutuhkan persetujuan serikat pekerja sebagaimana diatur Permenakertrans No 231/2003 sehingga gubernur akan mengabulkan penangguhan tersebut dengan mudah. Hal ini akan dilawan oleh MPBI karena hanya akal-akalan pengusaha nakal.

2. Ribuan perusahaan(1.350 perusahaan) yang sudah meminta penangguhan ke Apindo/Kadin adalah keliru dan menyesatkan,karena permohonan penangguhan pembayaran UMP dilakukan sendiri-sendiri tiap perusahaan, bukan kolektif yang di organisir Apindo/Kadin ke disnaker setempat setelah memenuhi syarat Permenakertrans No 231/2003 yaitu perusahaan 2 tahun berturut rugi, audit, serikat pekerja setuju, jadi tindakan Apindo/Kadin tersebut adalah provokasi.

"Oleh karena itu tehadap point 1 dan 2 di atas, maka MPBI akan mengambil langkah-langkah yaitu membuka posko pengaduan buruh di seluruh Indonesia untuk membela buruh yang tidak membayar UMP, mempidanakan perusahaan yang tidak mau membayar UMP atau menangguhkan yang tidak memenuhi syarat-syaratnya sesuai UU No 13/2003 dipenjara 1 tahun," kata Said dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/12/2012)

3. Sikap Apindo/Kadin yang boikot/tidak mau lagi masuk tripartit nasional adalah sikap kekanak-kanakan serta menunjukan karakter pengusaha yang egois,mau menang sendiri, mudah mengancam, bayar upah murah dan pakai perja outsoucing, karena keluarnya keputusan pekerja alih daya yang hanya 5 jenis pekerjaan saja sudah melalui rapat tripartit nasional ada notulen kesepakatannnya dan ditandatangani Ketum Apindo). Begitu pula keputusan 60 item Kebutuhan Hidup Layak (KHL) UMP juga sudah melalui rapat tripartit nasional dan ditandatangani Apindo.

"Buruh mempersiapkan aksi besar-besaran pada tengah Januari 2013 di seluruh kantor gubernur se-Indonesia agar gubernur/bupati/walikota menolak penangguhan UMP yang tidak memenuhi syarat," katanya.
Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi sebanyak 1.312 ancam tutup jika penangguhan tidak mendapatkan respons dari pemerintah.
Dari sebanyak 1.312 perusahaan yang mengancam akan tutup, wilayah Jawa Barat adalah provinsi yang paling banyak mencakup 384 perusahaan. Sedangkan DKI Jakarta menyusul di tempat kedua sebanyak 378 perusahaan. Estimasi dampak dari penutupan perusahaan ini adalah banyaknya pekerja yang di PHK mencapai 976.328 pekerja.

"Sudah tidak mungkin kita berkompetisi dan akan menimbulkan PHK besar-besaran. Perusahaan meminta penundaan dan dalam waktu 10 hari menjelang tahun baru ada sekitar 1.312 perusahaan mulai dari industri sepatu, garmen dan tekstil dengan pekerja sebanyak 975.328," tuturnya.
http://finance.detik..com/read/2012/...-januari-2013?

==========================
Sementara pmerintah jadi penonton saja ....lihat siapa yang menang...
terus pemerintah berpihak ke yang menang...

ts seperti buruh ya

:fuck; to said iqbal, nyet bagaimana nasib karyawan yang diphk mau tangung biaya hidup mereka nyetfuck(maaf untuk kasus ini saya menggunakan kata2 kasarSmilie,). ada yang punya foto makhluk ini?. ente mau maksa pegawai pabrik mana lagi nyet?.


serikat buruh kerjanya ngompor2in doang, semua tanggungjawab ditimpakan ke pengusaha. mending bikin pabrik sendiri sono gaji diatur sendiri ambil buruh sebanyak2nya. parah nih, dikasih hati ngerogoh anus


Quote:Original Posted By KolorBerenda â–º
serikat buruh kerjanya ngompor2in doang, semua tanggungjawab ditimpakan ke pengusaha. mending bikin pabrik sendiri sono gaji diatur sendiri ambil buruh sebanyak2nya. parah nih, dikasih hati ngerogoh anus


memang mereka punya duit? lah duit yang mereka miliki saja hasil setoran 9atau perahan?) para pekerja pabrikEmbarrassment, dengar2 kabar burung dapat bantuan dari luar ?

awal tahun yang mengkhawatirkan..buruh demo semua orang kena dampaknyaAmazed

1 juta phk itu bertahap..bukan serempak..Ngacir

nb: pemerintah berpihak ke yang memberi duit..selalu..buruh kasi duit ke pemerintah? ngga tuhBig Grin









Posted with kaskusQR


Quote:Original Posted By hhendryz â–º
awal tahun yang mengkhawatirkan..buruh demo semua orang kena dampaknya Amazed

1 juta phk itu bertahap..bukan serempak..Ngacir

nb: pemerintah berpihak ke yang memberi duit..selalu..buruh kasi duit ke pemerintah? ngga tuh Big Grin









Posted with kaskusQR

hush mereka kredit BB bayar pajak juga, kredit NINJA 250 RR bayar pajak juga,, tapi saya penasaran mereka ketika dipecat bisa bayar pajak tidak ya atau mau mewek ke perusahaan supaya minta dipekerjakan lagiNgakakFrownseperti kasus beberapa PHKers di cikarang yang sekarang menganggur disini,diphk karena demo baru beberapa bulan minta dipekerjakan lagiNgakakSmilie



Quote:Original Posted By warrent buffet â–º
ts seperti buruh ya


betul ane buruh gan....


No Hopebosen denger buruh demo.. ini emang para Elit Serikat Pekerja suka ngompor2in.. mustinya tu yaa di syukuri udah dapat kerjaan,, yang masih nganggur banyak loh..!! eeeh ini malah mau ngelawan pengusaha,, punya modal apa tong??? awas luuu kalo gara2 kalian Perusahaan pada TuTup beneran!! ane timpukin pakeBlue Guy Bata (L)

buruh rese
ane udah nemu cara agar bisa beroperasi tanpa mereka
PHK massal aja mereka semua
ane siap pindahkan pabrik ane keluar negeri
emangnya mereka pikir pengusaha bego aja mau aja di intimidasi kayak gitu???


Lawan Pengusaha, Buruh Siap Demo Besar-besaran Januari 2013 16

sekalian demo ke DPR buat kurangin anggaran rapat, kunker, dll Ngakak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar