Senin, 31 Desember 2012

Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta




Spoilerfor sejarah:



Tanjung Jaya, Kerajaan
Kerajaan yang didirikan sepupu Ragamulya, Raja Pajajaran yang bernama Wangsatunggal. Hal tersebut bisa diketahui dari naskah Wangsakerta. Lokasi Tanjung Jaya diperkirakan di Kampung Muara, Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, di pinggir "kali kimpoi", temuan Kali Ciliwung dengan Kalimati (Kalisari)/Kali Cijantung. Ini berarti Wangsatunggal memindahkan pusat Kerajaan Tanjung Kalapa (taklukan Tarumanagara) dari Condet ke Tanjung (Barat). Wangsatunggal kemudian mengganti nama Tanjung "Kelapa" dengan Tanjung "Jaya". Tepatnya lokasi Istana Tanjung Jaya di atas sebuah areal tanah seluas 800 meter. Istana menghadap ke utara, terbukti dengan adanya sumur lobang buaya dengan kulem di bagian utara lokasi. Menjadi eiri khas istana-istana di wilayah Jawa sebelah barat adanya sumur tua di depan istana. Bahkan di bagian depan Istana Pajajaran (Lawang Gintung) terdapat 7 buah sumur.

sumber http://www.jakarta.go.id/jakv1/encyc...ia/detail/3168








Spoilerfor sejarah part 2:



Kerajaan Tanjung Jaya

Kerajaan Tanjung Jaya berlokasi di wilayah yang sekarang menjadi kota Jakarta Selatan, tepatnya di Kampung Muara, Kelurahan Tanjung Barat. Kerajaan Tanjung Jaya membawahi kota yang bernama Jayakerta. Istana Tanjung Jaya menghadap ke utara di dengan luas sekitar 800 meter. Di depan sumur tersebut terdapat sumur alami dengan berdiameter 35 cm. Sumur tersebut kemudian dinamakan sumur lubang buaya.

Kerajaan ini didirikan pada tahun 1333, dengan pendirinya adalah Wangsatunggal (sepupu dari Prabu Ragamulya Luhur Prabawa / raja Sunda ke-30). Pada awalnya kerajaan ini merupakan kerajaan bawahan Kerajaan Sunda, tetapi ketika Sunda-Galuh bersatu dengan nama Pajajaran, maka Kerajaan Tanjung Jaya menjadi wilayah bawahan Pajajaran.

Raja-raja selanjutnya dari kerajaan ini adalah Ragamulya, Munding Kawati, Mental Buana, Banyak Citra, Cakralarang, dan Kinawati. Kelak Kinawati ini menikah dengan Prabu Surawisesa (raja Pajajaran).

Kerajaan ini merupakan kerajaan kecil namun sangat ramai, hal ini dikarenakan Kerajaan Tanjung Jaya merupakan kerajaan yang ditugaskan Pajajaran untuk mengatur Pelabuhan Kalapa (salah satu pelabuhan terbesar di Nusantara saat itu). Kejayaan Pelabuhan Kalapa yang merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Nusantara, membuat iri Kesultanan Demak dan Kesultanan Cirebon.

Akhirnya pada tahun 1527, kerajaan ini mendapatkan serangan dari pasukan Fatahillah (Demak) dan Cirebon. Maksud serangan ini adalah ingin menaklukan wilayah ini. Seluruh pembesar kerajaan Tanjung Jaya dan pasukannya dibantu sebagian pasukan Pajajaran yang disiagakan disana tidak mampu menahan gempuran yang datang, akhirnya melarikan diri ke ibukota Pajajaran di Pakuan. Kemudian seluruh wilayah Tanjung Jaya termasuk pelabuhan Kalapa jatuh ke dalam kekuasaan Demak. Sedangkan Fatahillah sebagai panglima pasukan Demak, ditunjuk sebagai Bupati Kalapa.

Setelah berhasil direbut Demak, nama Kerajaan ini diganti oleh Fatahillah dengan sebutan Jayakarta pada tanggal 22 Juni 1527 yang sekarang dijadikan hari jadi kota Jakarta. Nama Jayakarta diambil mengacu pada nama kota yang telah ada di wilayah itu, jadi sebenarnya bukan Fatahillah yang menciptakan nama tersebut. Fatahillah kemudian mendirikan keraton Jayakarta sebagai pusat pemerintahannya.

Jabatan bupati Jayakarta kemudian berturut-turut dipegang oleh Ki Bagus Angke (menantu dari Hasanuddin), kemudian beralih ke anaknya yang bernama Pangeran Sungarasa Jayawikarta.

Setelah wilayah Jayakarta diserahkan pada Kesultanan Banten, maka penguasa wilayah ini juga ditunjuk oleh Banten. Tapi penguasa-penguasa yang memimpin di Jayakarta sering terlibat perselisihan dengan pusat (Kesultanan Banten) dan kurang disenangi oleh rakyat setempat, sehingga ketika VOC datang menyerang keraton Jayakarta pada tahun 1916, maka keraton ini dapat dengan mudah direbut dan dikuasai VOC.

sumber http://www.jakarta.go.id/jakv1/encyc... />





assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

buat para sepuh dan aktifis forsup, mohon maaf kalo tulisan ane acak kadut, maklum baru pertama kali nulis di forsupSmilie

ane mau cerita tentang kampung legend, crita yang waktu ane kecil sering di ceritain sama enyak or nenek ane.
sebenernya bukan kampung legend juga, karena masalah kerajaan tanjung jaya udah ada di web pemerintahan DKI (liat sumber spoiler sejarah).
nah tapi disini, ane mao cerita versi yang pernah ane denger tentang kerajaan tanjung jaya dari para orang tua TS.

jadi kalo versi enyak ane sih, dulu emang tuh di deket kali muara (nama pangkalan kali ciliwung) ada kerajaan, yang mimpin cewek, orang orang dulu nyebut dia ratu janebah, dia tuh islam, karena kalo dia mao pegih kemana mana sebelum dia jalan ama kereta kudanya, itu di adzanin dulu baru dah dia pegih, dan konon katenye waktu ane masih kecil mah (awal tahun 90an) masih sering kedengeran suara kuda ama kereta lewat kalo malem di deket kali, katanya.

nah disitu ada sumur tua, sumur rumah baba haji kontong, kalo mnurut crita crita orang tua sih, di bawah tanahnya, ada terowongan ghoib, ato malah terowongan asli, itu terowongan katanya mah ada yang sampe nembus ke cirebon.

oke ane kasih beberapa perfotoan yang ane ambil kemaren



Spoilerfor foto 2:




Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 2
poto kebon baba haji kontong

Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 3
dulu ini tahun 1930an bekas rumah baba haji kontong, waktu ane kecil cuma tinggal puing2 doank

Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 4
yang ketutup kedebong pisang ama akar itu bekas sumur baba haji kontong






LANJUTAN

nah pas mingkin kebawah tuh kita bakalan nemuin kali ciliwung, kalo orang orang sini bilang mah namanya pangkalan kali muara, atasan dikit kali wa jalim, trus bawahnya kedung muara.

nah kalo soal masalah kali nih, kalo kata bapak ane nih, ni kali tahun 70an terkenal banyak orang orang gede (soalnya yang kesitu pada bawa mobil) yang mandi di situ pas malem2 pada bulan tertentu contohnye malem 1 suro letak mandi nya di pertemuan antara kali ciliwung sama kali cijantung.

waktu ane masih jaman SMA maen silat betawi, kalo malem 1 suro juga sering disuruh turun kesitu, katanya sih buat nggedein nyali ama mental aje. malem dingin tapi aernya anget plus di situ ada puun rengas gede bener,

nah konon katenye tuh puun ada yang nungguin berupa siluman uler cewek, ama buaya buaya dah, kalo buaya sih dari kecil ane di biasain buat kaga takut, soalnya kalo kata orang tua dulu buayanya tuh masih betua, masih kompi leluhur kite. mereka kaga bakalan ganggu malahan sering ngebantuin, entar nyelametin sodara yang nyari ikan lagi banjir nganyut trus nyangsrang di puun bambu lah, trus nahan rumah2 supaya kaga kebawa aer kalo ada banjir jakarta.

nah tuh mahluk ghoib slain bermukim disitu juga, pada nungguin pusaka pusaka, ane kaga tau persis dah apaan aja , tapi kalo dari yang ane denger dari crita crita mah, ada keris, ada golok, batu mereh delime ama mahkota di pala tuh uler apa ya?


beberapa perfotoan tentang kali



Spoilerfor foto 1:




Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 5
kali ciliwung

Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 6
pangkalan kali muara, dulu waktu ane kecil nih pangkalan gede, orang pada nyuci, njala ikan dan ane termasuk yang kalo pulang sekolah langsung ngobak di kali ampe sore Big Grin

Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 8
puun rengas kealingan puun bambu, cuma keliatan akar sama bagian bawah poon nya aja, agak susah ngambil poto sebrang kali, gara gara kali udah jarang orang nyaba, jadi tuh banyak puun liar tumbuh, pokoknya kaga keurus dah skarang kalinya.

Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 9
nah ini lagi pertemuan kali ciliwung ama kali cijantung, kealingan puun bambu yang bala banget







untuk benda benda peninggalan yang pernah di ceritain nenek ane sbnernya banyak tapi ane udah lupa, soalnya itu pan crita waktu ane kecil, sampe katanya ada boneka emas lah dll.

PRAKATA
buat para sepuh dan aktifis forsup, sgitu dulu aja deh crita dari ane, maaf kalo bahasanya belepotan.
buat para sepuh yang mungkin bisa menerawang tentang daerah ane, ane seneng banget deh kalo sepuh juga ngeshare ke ane soal apa yang sepuh liat. bakalan jadi masukan yang berarti banget buat ane.Smilie
dan buat yang penasaran dan kali aja mao ngliat mistik dan pusaka kampung ane, maen aja ke kampung muara RT3 RW3 kelurahan tanjung barat jakarta selatan. Insya Alloh penduduk nya welcome semua.Smilie

makasih buat yang udah baca kampung legend yang di critain ama orang2 tua ane
wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh



Spoilerfor foto 3:




Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 12
jalan pulang ke rumah, utan bambu

Kerajaan Tanjung Jaya, Kerajan yang hilang di Jakarta 13







wallahualam bissawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar