Sabtu, 22 Desember 2012

Mengapa perlu kuliah S2 atau S3?


Mengapa perlu kuliah S2 atau S3? 1

Alasan utamanya adalah posisi posisi kerja saat ini sangat membutuhkan spesialisasi. S1 saat ini sudah menjadi standar baru dalam mencari kerja, walaupun masih ada juga mencari kerja dengan ijasah dibawah S1. Kemampuan S1 biasanya masih bersifat umum belum memiliki spesialisasi seperti S2 dan S3.

Ilmu pengetahuan berkembang dengan pesatnya dan memiliki banyak cabang. Orang tidak bisa menguasai semuanya karena banyak keterbatasan misalnya kemampuan otak, fokus, waktu, sumber daya dan lain lain. Saat Anda mengambil S2 atau S3, berarti Anda lebih fokus pada sebuah bidang yang nantinya akan memandu menuju pengetahuan yang lebih mendalam.

Perhatikan saat ini perusahaan perusahaan bersaing dengan sengitnya sehingga membutuhkan inovasi setiap harinya. Persoalan seperti ini bisa diatasi oleh orang orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang hal tersebut.

Seorang rekan seangkatan bertanya tentang izin “sekolah lagi” (mengambil gelar S2), utamanya yang masa kerjanya belum mencapai lima tahun. Dari pembahasannya saya mengetahui kalau izin untuk itu masih mungkin diberikan, tentunya dengan beberapa pertimbangan. Ada hal-hal serta konsekuensi yang perlu diperhatikan, sebelum dan selama menempuh jenjang pasca sarjana tersebut.

Saya kagum dengan rekan tersebut. Di usia yang masih muda, masih ada kemauan yang kuat untuk belajar lagi, belajar lebih tinggi, menggali ilmu lebih dalam lagi.

Dan jujur, saya merasa iri. Saya ingin seperti mereka, bisa kembali menekuni dunia akademik, berkutat dengan buku dan penelitian, mengeksplorasi lebih jauh ide dan peristiwa.

Akan tetapi, saya juga bertanya-tanya, apa sih motivasi mereka yang mengambil pasca sarjana?

Iseng saya googling, juga nulis status di plurk sampai ke fesbuk. Ternyata ada beragam motivasi/alasan ketika seseorang memutuskan kuliah lagi. Berikut di antaranya:

1) Memang masih ingin belajar lagi.
2) Masih ingin tinggal di perantauan lebih lama.
3) Masih menganggur / belum bekerja dan kebetulan masih ada uang.
4) Gelar, titel di belakang nama.
5) Gengsi, jadi bahan omongan pas arisan.
6) Perbaikan karir, naik pangkat, naik tunjangan, naik pendapatan.
7) Dipaksa Disuruh ortu.
8 ) Investasi jangka panjang.
9) Mau jadi professor
10) dan lain lain...


Dari beragam alasan itu yang pasti, motivasi apapun selayaknya kita dukung, setidaknya selama gelar S2 atau S3 yang kelak disandang itu dapat memberi manfaat bagi kita semua.

SUMBER

Karena itu keperluan hidup, lihat kenyataan yang ada padahal kenaikan UMP dsb itu hanya sedikit, sekarang banyak yang mengancam bahwa yang diterima kerja hanya S1 wong sama sama kok harganya dengan SMA ya mending ngambil lulusan S1, contohnya (AM, IM), ya selanjutnya terserah anda mau S1 atau diatasnya?


Quote:Original Posted By kucingkakus â–º
Karena itu keperluan hidup, lihat kenyataan yang ada padahal kenaikan UMP dsb itu hanya sedikit, sekarang banyak yang mengancam bahwa yang diterima kerja hanya S1 wong sama sama kok harganya dengan SMA ya mending ngambil lulusan S1, contohnya (AM, IM), ya selanjutnya terserah anda mau S1 atau diatasnya?


Memang betul gan.. sepengetahuan ane S1 itu disamakan dengan SMA, soalnya sudah banyak juga lulusan S1, jadi di tingkatkan lagi jenjang pendidikannya



yang terpenting dari itu semua gan adalah perintah Tuhan bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib dari kandungan sampai liang lahat.. jadi kita harus senantiasa memperbaharui pengetahuan kita. dan sebaik- baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat baik untuk diri kita maupun orang lain..


Quote:Original Posted By hydrosefalus â–º
yang terpenting dari itu semua gan adalah perintah Tuhan bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib dari kandungan sampai liang lahat.. jadi kita harus senantiasa memperbaharui pengetahuan kita. dan sebaik- baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat baik untuk diri kita maupun orang lain..


ane salut dengan agan yang satu ini ....2 Jempol

Jempol2 Jempol

yang terpenting bukanlah title,melainkan ilmu yg bisa kita praktekan.
percuma mempunyai title besar tapi tidak digunakan semaksimal mungkin.
didalam dunia kerja juga banyak yg membutuhkan orng2yg mempunyai pengalaman so fresh graduate masih dianggap sebelah mata.
Sorry
dan yg perlu kita ingat "diatas langit masih ada langit"

ane lebih cenderung milih Wirausaha sendiri gan,bukan berarti kuliah itu ga perlu

jadi bingung mau komen apaBingung

relatif gan tergantung kebutuhan. kalo alesannya cuman buat kejar title sih gak ngefek buat hidup agan. kalo buat cari ilmu. nah itu baru keren. jadi mau manfaat atau engga gelar title atau apaun lah namanya itu. tapi ilmu yang agan dapat selama perkuliahan pasti manfaat suatu hari kelak di dunia taupun di akhiratSmilie

kalo ane butuh ilmu buat kepuasan diri, semua ilmu pasti berguna disuatu saatBig Grin

dengan wirausaha kita bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.
soal ilmu"belajar tidak mengenal usia[kuliah tidak memandang usia]"bisa nyusul....kalau uwirausaha kita siang bisa kuliah malem...sebaliknya begitu juga gan....menurut ane lho...ga tau kalau agan2 yg lain.lain orang lain pemikiran.

gak penting. S1 udah cukup, pelajaran yang lain bisa dipelajari sendiri atau langsung terjun ke lapangan.

ane udah komitmen pengin sekolah sampai selesai S3.
kita ngga akan pernah tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.
kita hanya bisa fokus mempersiapkan masa depan itu.

oh gitu yah s1 aja belum kelar juga nihMalu (S)

ijin mejeng pekiwan di HT gan Cool

mendingan belajar agama yg tinggi2.... bermanfaat dunia akhiratMalu

yah menurut aku penting.. karena apa semakin tinggi gelar yg kita dapat semakin mudah kita dapat posisi yg enak dalam suatuh perusahaan.. aku aja lagi ambil s2 ni.. doain biar lulus dan dapat nilai yg baikKiss (S)

Coba gw pengen perhatiiin ini yang para udah ada gelar... Kalau ane sih emang buat investasi dan cuma buat ortu seneng ajeeeJempol

Ijin Pekiwan ganCool

kalo agan sista merasa perlu ijasah ya boleh lah kejar S2/S3Malu
ane sendiri gak kuliah ganNgakak
belajar bisa dimana aja, cari duit pun bisa dimana aja, gak mesti ngantorBig Grin
ane malah rencana mau bikin kampus sendiri, baru ane kuliah disana ampe S4Malu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar