Quote:
SELAMAT DATANG DI FORUM KASKUSER REGIONAL CIANJUR
Quote:
This Is Our Rules
Perkenalkan Diri Anda sebelum Posting
dan ISI Daftar hadir dengan Form dibawah ini:
>> KLIK <<
(DATA PRIVACY TIDAK AKAN DI SHARE)
# Harus selalu menggunakan Prime ID
# Postingan HARUS LEBIH dari 10 kata dan TIDAK BOLEH ONELINER
# Biasakan menggunakan fasilitas EDIT, QUOTE, dan MULTIQUOTE untuk menghindari post BERURUTAN
# Diharapkan untuk memberikan KONTRIBUSI DEMI KEMAJUAN Regional CIANJUR
# Posting foto/gambar maksimal berukuran 800 pixel demi kenyamanan bersama dan wajib di spoiler
# Dilarang Berbagi Informasi Apapun Yang Berbau Pornografi
# Dilarang Melakukan Segala Macam Bentuk Posting Yang Bersifat Menyinggung Unsur-unsur Suku, Ras, Dan Agama
Quote:
Peraturan Husus Kanggo Pribumi
#Kangge Pribumi wajib posting ku bahasa sunda !!!
hayu urang ngamumule bahasa sunda dina ieu riungan
lamun henteu ku urang kusaha deui.
Pan asa aneh lamun urang sunda teu bisa ngomong sunda
piraku ari urang Jawa make bahasa jawa, urang batak make bahasa batak
ari urang sunda henteu make bahasa sunda?
Ayeuna urang tilik kumaha carana bahasa anu ku
urang sunda dipika cinta ieu sangkan teu nepika tumpur.
mangka kukituna husus warga regional Cianjur didieu diwajibkeun
posting ku bahasa sunda.
Tapi nempo kaayaan saperti kieu mah henteu mustahil upama ka hareupna bahasa sunda bakal tumpur, coba ku urang titenan, kiwari loba kolot nu ngajarkeun ka anakna make bahasa indonesia, tah eta hiji conto gambaran kajadian nu ku urang perlu di perhatikeun
Kusabab kajadian samodel kitu teh henteu saeutik panyebabna bisa salah sahiji kolotna lain urang sunda (nikah jeung urang luar sunda)
Conto sejenna di sakola
bahasa sunda teh ngan di ajarkeunna saminggu sakali, jeung deuih malah mandar guruna ge lain ti jurusan bahasa sunda. kahareupna kumaha sangkan aya generasi anu baris nuluykeun eksistensi bahasa sunda di kolong alam dunya ieu, husus namah di tanah parahiangan.
bahasa sunda teh warisan ti karuhun urang pasundan nu matak urang nu jadi urang sunda asli hayu urang ngamumule bahasa sunda dina ieu riungan.
Sangsi Bagi Yang Melanggar
DELETE Postingan sebagai Peringatan Pertama #
Di berikan BATA/CENDOL untuk Peringatan ke Dua #
Jika Tidak mempan dengan kedua peringatan diatas, maka langsung di Daftarkan BANNED Permanen #
SOURCE RULE
silahkan Putuhi rules..
apabila ada pelanggaran, thread akan di delete..
bila terdapat ID clone yang masih posting, silahkan laporkan agar dapat di tindak, tindakan berupa banned permanen
apabila ada pelanggaran, thread akan di delete..
bila terdapat ID clone yang masih posting, silahkan laporkan agar dapat di tindak, tindakan berupa banned permanen
Sekilas Tentang Cianjur
Quote:
Cianjur adalah nama sebuah kota kecamatan di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota kecamatan ini adalah ibukota Kabupaten Cianjur. Cianjur pertama kali didirikan oleh Aria Wiratanudatar dalam legenda masyarakat Cianjur, Kanjeng Dalem Aria Wiratanudatar ini adalah Dalem (Bupati) pertama sekaligus juga sebagai penyebar Agama Islam di Cianjur. Makam pendiri Cianjur saat ini sering dikunjungi oleh orang-orang baik dari dalam Kabupaten Cianjur maupun sekitarnya. Cianjur juga terkenal dengan manisan, beras yang wangi dan pulen dan juga makanan ringan lainnya, juga terkenal dengan tauco. Cianjur berhawa dingin disebelah utara dan sedang di sebelah selatan. Di sebelah utara berbatasan dengan Bogor, di selatan dengan Samudra Indonesia, di barat berbatasan dengan Sukabumi, di timur dengan Bandung dan Garut, dan di timur laut dengan Purwakarta. Di dalam daerah Cianjur terdapat Kota Bunga yang sering dikunjungi warga Jakarta untuk melepas lelah. Salah satu istana keperesidenan terletak di Cianjur tepatnya di Cipanas, kecamatan di Cianjur terdiri dari. Cikadu,Sukaresmi,pagelaran, Cilaku, Warungkondang, Mande, Karang Tengah, Pacet, Cikalong Kulon, Cidaun, Sindang Barang, Naringgul, Cibeber, Campaka, Ciranjang, Bojongpicung, Sukanagara, dan Tanggeung.
Thanks to Adam Shofwan Sahel - BINUS
Quote:
NAME LIST KASKUSER CIANJUR
| Dikdik | budakzard | Cianjur Panumbangan | dickzard |
| Zulfa | zulfarizkina | Cianjur | whatzup_zulfa@yahoo.co.id |
| Fajar | JIMS.NEUTRON | Cianjur | mr.neutron21 |
| Budi | mink71 | Cianjur Salakopi | bmulia71@gmail.com |
| Data | bedoelx | Cianjur | bedoelbelegug@yahoo.co.id |
| Nuryanda | hayree | Cipanas | nureypk |
| Ading | rockersundead | Cipanas | ading_rockers |
| Rabin Dinar | rabindinar | Cianjur / Jakarta | rabindinar |
| Riki Zusar | rzkei | Cianjur | zusarbrady@yahoo.com |
| koko | aneh16 | Cikalong | alfi_sick@yahoo.com |
| Cahya Muhammad | ketoprax28 | Cianjur | bintangkilat |
| Teguh Ryo | teguhryo | Cipanas | teguh_ryo |
| Ricky | Preackytiew | Cipanas | rick_levioza@yahoo.co.id |
| Andy Achmad Rizal | Andy Lero | Cianjur | andy_lero |
| zen asikin | zenonepiece | Panembong | as1k1n@yahoo.com |
| Andry Suherlan | suerland | Kadupandak | andry_suherlan |
| syafaat | syafaatramdhani | Cianjur | syafaatramdhani@rocketmail.com |
| Rizal Wijaksana | bare.is.arab | Cianjur - Gang Mawar | z4l_getto12 |
| wildan | dawildidan | Cipanas | dawil_dza |
| rahdian | rahdians | wr kondang | rahdians@yahoo.com |
| idhan | idhaaaan | Cianjur | idhan.ahmad@yahoo.com |
| idham | idhaaam | Cianjur | idhamrinaldi@ymail.com |
| daniar | pawpaw01 | Bypass | dan_iar |
| Reza Rizaldi | blecjec | Cibeber | n0.th4nky0u |
| jemmi fermana | jemmifer0011 | Cugenang | jemspsycho08 |
| Ikhsan | TIC.TAC.TOE | Cianjur | ??? |
| Ega | egamathany | Cianjur | ega_mathany@yahoo.com |
| andi lukman | andipsycho | Cipanas | superpsychoband |
| Encep Lukmanul Hakim | lukman3103 | Cilaku Cianjur | lukman_nk2010 |
| Fadil Ramadhan | diel09 | Cikaret deuket lapang Futsal | fadiel_r57 |
| omen | dick27 | Cianjur | lord zard |
| Yudistira | HansipTaucoCity | Cianjur atuh | taucoCoy@ymail.com |
| eris ismail | erismail | Cianjur Selatan | erisismail |
| eko surya maulana sya'ban | lilsyaban (1543801) | cianjur | de_kulipacul@yahoo.com |
| Ratu | davinci13 | Cibeber | ratu.adil13@yahoo.com |
| Anton | Dontlegoo | Cianjur | dontlegoo |
| Bagas Restu Pamungkas | zacharyJ.Baker | Cipanas | bagas.viking |
| Izra Ramadhan | Agitozoi | Cianjur | zra.ramadhan@yahoo.com |
| Muhammad Ilham J | kronz | Gg. Apel - Cianjur | kronz_rf |
| Peri Piyandi | radestwo | Cianjur | pyoze |
| Panji | v4m | cianjur | van_doyle@rocketmail.com |
| Firman Feisal | pman299 | Ciranjang | pman299 |
| Taufik Abdurahman | kaskusersemata1 | Cianjur | vik_criM3@yahoo.co.id |
| tandangtry | tandangtry | Cianjur sugih mukti | tandangtry@yahoo.co.id |
| Nenden | gadisjeruk | Cilaku | nurannisaa7 |
| Ramdhan | atramd | Maleber | atramdkaskus@yahoo.com |
| Shinta Ardana Putrie | ardana94 | Cipanas-Jawa Barat | sinta_ardana |
| M.Faishal.Rasya | Fanatix19 | Maleber | shal_cutezabiezt@yahoo.com |
| Mochammad Tsanyfajar C | tsanyfajar | Cianjur | mochammad_tsanyfajar@rocketmail.com || Kholis | OisNevermore | BTN Joglo-Cianjur | | Depa Panjie Purnama | mr.blekant | Kadupandak-Cianjur Selatan | depa_mr.blekant@yahoo.co.id | | Rahmat Permana | apunk04 | Maleber | permana_rahmat@yahoo.co.id |
| Heru Prasetyo Tobing | heru.kk07 | Cianjur / Madiun | drumer_fighter@yahoo.com | | Angga Supriyawibowo | alexchirix | Cianjur | tambeng_0607@yahoo.com | | Zainal Hidayat | zahidyat | Kadupandak | zahidayat |
| Farid Farhani | vesbut | Cianjur | ridreds@yahoo.com| | Kohar Permana | koko2705 | Ciranjang | koharpermana@yahoo.com || Firman | kteres | Cianjur | lupa || Ilham Aminudin | IA248 | Cianjur | ia248@yahoo.co.id |
| Bayu Rangga Putra | brenkboy | Cipanas | brenk_boy@yahoo.com |
| Agus Nugroho | naokikenzou | Cipanas | yutokekkaishi@yahoo.com |
| Jamaludin | jamal_ckl | Cikalong Kulon | jamaludin_ckl@yahoo.co.id |
| Daud Abdullah Nursyah | ieumaemmie | Cibeber |
| Indra Thenoors | chacingchau | Cilaku |
| Ari Andriyana | orensky | Pasir Banen | oren4u@yahoo.com |
| Kurnia | capone77 | Cianjur | alnaz77@yahoo.com |
| Vick | underwears | Cianjur | fixnugraha |
Quote:
NAME LIST GUEST KASKUSER REGIONAL CIANJUR
| Aditya | aong21 | Subang | adith_aonk@rocketmail.com |
| Agus | rafh | Subang | agusrafsodia |
| Ardiyasa | akang.vaughan | Purwakarta | ardee_vaughn |
| Duce cureLp | duce | Sukabumi | duce_mohdhatta@yahoo.com |
| Ridhik Qoirion | Ridhik | Batu Raja-Sumatra |rididoi@ymail.com |
| Bangbang Mulyaningrat | bangbhunx | Subang | mulyaningrat83 |
| Muhammad Kahfi | tokogamefb | Tangerang City | tokogamefb |
| Justone | whitekill | Jakarta | justonefromhill@yahoo.co.id |
List Voting KAOS KRCakan di tutup hari minggu tgl 9 Desember 2012
Sesi Transfer akan di buka tgl 10 Desember 2012
Sesi Produksi Akan dilakukan jika semua pembayaran lunas nas nas nas
(kalo bisa tgl 17 udah masuk sesi produksi)
- Info harga dari pabrik produksi -
Ketentuan harga kaos :
Jika yang order ada 35 Orang / Pcs, Harga = Rp.50.000,-
Jika Dibawah 35 Orang / Pcs, Harga = Rp. 70.000,-
silahkan yg belum voting silahkan ke tkp
http://m.jokaljokul.com/KRC-Voting
Yang mau pesen bisa vm ke juraganariaGADING [$]
ato langsung ke TKP :
http://www.facebook.com/groups/kasku...3465774068906/
untuk saat ini yg pesen sudah ada 13 orang
ayo pesen gan
Q��� Kaskuser Regional Cianjur ���Q
Quote:
Quote:Arti dan Makna Logo KRC
Ayam Pelung :
Menandakan Ciri Khas Cianjur.
Nama ayam pelung berasal dari bahasa sunda Mawelung atau Melung yang artinya melengkung, karena dalam berkokok menghasilkan bunyi melengkung juga karena ayam pelung memiliki leher yang panjang dalam mengahiri suara / kokokannya dengan posisi melengkung.
ente tau kan, kalo ayam pelung sudah berkokok
Logo Padi :
Melambangkan ketentraman dan dinamika kehidupan bermasyarakat di Regional Cianjur.
Logo Bintang :
Melambangkan semangat juang yang dilandasi jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab yang besar dalam kehidupan bermasayarakat.
Warna Dasar Putih :
Melambangkan kehidupan yang bersih suci dan abadi sehingga tercipta kesejahteraan bagi kehidupan bermasayarakat.
warna dasar ungu orange, dan atribut kaskus :
melambangkan Kaskuser Regional Cianjur From Kaskus
Spoilerfor Peta Cianjur:
Quote:Luas wilayah
Kabupaten Cianjur 350.148 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2007 sebanyak 2.138.465 jiwa.
Secara administratif Pemerintah kabupaten Cianjur terbagi dalam 32 Kecamatan, dengan batas-batas administratif :
Quote:Batas Wilayah
Quote:Sebelah utara berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta.
Sebelah barat berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sukabumi.
Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia.
Sebelah Timur berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.
Secara geografis , Kabupaten Cianjur dapat dibedakan dalam tiga wilayah pembangunan yakni wilayah utara, tengah dan wilayah selatan.
Quote:Wilayah Utara
Quote:Meliputi 16 Kecamatan : Cianjur, Cilaku, Warungkondang,Gekbrong, Cibeber, Karangtengah, Sukaluyu, Ciranjang, Bojongpicung, Mande, Cikalongkulon, Cugenang , Sukaresmi, Cipanas, Pacet dan Haurwangi.
Quote:Wilayah Tengah
Quote:Meliputi 9 Kecamatan : Sukanagara, Takokak, Campaka, Campaka Mulya, Tanggeung, Pagelaran, Leles, Cijati dan Kadupandak.
Quote:Wilayah Selatan
Quote:Meliputi 7 Kecamatan : Cibinong, Agrabinta, Sindangbarang, Cidaun , Naringgul, Cikadu dan Pasirkuda.
Sebagaimana daerah beriklim tropis, maka di wilayah Cianjur utara tumbuh subur tanaman sayuran, teh dan tanaman hias. Di wilayah Cianjur Tengah tumbuh dengan baik tanaman padi, kelapa dan buah-buahan. Sedangkan di wilayah Cianjur Selatan tumbuh tanaman palawija, perkebunan teh, karet, aren, cokelat, kelapa serta tanaman buah-buahan. Potensi lain di wilayah Cianjur Selatan antara lain obyek wisata pantai yang masih alami dan menantang investasi.
Quote:Sebagai daerah agraris yang pembangunananya bertumpu pada sektor pertanian, kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah swa-sembada padi. Produksi padi pertahun sekitar 625.000 ton dan dari jumlah sebesar itu telah dikurangi kebutuhan konsumsi lokal dan benih, masih memperoleh surplus padi sekitar 40 %. Produksi pertanian padi terdapat hampir di seluruh wilayah Cianjur.
Kecuali di Kecamatan Pacet dan Sukanagara. Di kedua Kecamatan ini, didominasi oleh tanaman sayuran dan tanaman hias. Dari wilayah ini pula setiap hari belasan ton sayur mayur dipasok ke Jabotabek.
๑۩۩₪ Kaskuser Regional Cianjur ₪۩۩๑
Budaya Cianjur
Quote:1. Ngaos
Spoilerfor Ngaos:
Ngaos adalah tradisi mengaji yang mewarnai suasana dan nuansa Cianjur dengan masyarakat yang dilekati dengan ke beragamaan. Citra sebagai daerah agamis ini konon sudah terintis sejak Cianjur ada dari ketiadan yakni sekitar tahun 1677 dimana tatar Cianjur ini dibangun oleh para ulama dan santri tempo dulu yang gencar mengembangkan syiar Islam. Itulah sebabnya Cianjur juga sempat mendapat julukan gudang santri dan kyai. Bila di tengok sekilas sejarah perjuangan di tatar Cianjur jauh sebelum masa perang kemerdekaan, bahwa kekuatan-kekuatan perjuangan kemerdekaan pada masa itu tumbuh dan bergolak pula di pondok-pondok pesantren. Banyak pejuang-pejuang yang meminta restu para kyai sebelum berangkat ke medan perang. Mereka baru merasakan lengkap dan percaya diri berangkat ke medan juang setelah mendapat restu para kyai. Mamaos adalah seni budaya yang menggambarkan kehalusan budi dan rasa menjadi perekat persaudaraan dan kekeluargaan dalam tata pergaulan hidup. Seni mamaos tembang sunda Cianjuran lahir dari hasil cipta, rasa dan karsa Bupati Cianjur R. Aria Adipati Kusumahningrat yang dikenal dengan sebutan Dalem Pancaniti. Ia menjadi pupuhu (pemimpin) tatar Cianjur sekitar tahun 1834-1862.
Quote:2. Mamaos
Spoilerfor Mamaos:
Seni mamaos ini terdiri dari alat kecapi indung (Kecapi besar dan Kecapi rincik (kecapi kecil) serta sebuah suling yang mengiringi panembanan atau juru. Pada umumnya syair mamaos ini lebih banyak mengungkapkan puji-pujian akan kebesaran Tuhan dengan segala hasil ciptaanNya.
Mamaos terbentuk pada masa pemerintahan bupati Cianjur RAA. Kusumaningrat (1834Â1864). Bupati Kusumaningrat dalam membuat lagu sering bertempat di sebuah bangunan bernama Pancaniti. Oleh karena itulah dia terkenal dengan nama Kangjeng Pancaniti. Pada mulanya mamaos dinyanyikan oleh kaum pria. Baru pada perempat pertama abad ke-20 mamaos bisa dipelajari oleh kaum wanita. Hal ituTerbukti dengan munculnya para juru mamaos wanita, seperti Rd. Siti Sarah, Rd. Anah Ruhanah, Ibu Imong, Ibu OÂoh, Ibu Resna, dan Nyi Mas Saodah.
Bahan mamaos berasal dari berbagai seni suara Sunda, seperti pantun, beluk (mamaca), degung, serta tembang macapat Jawa, yaitu pupuh. Lagu-lagu mamaos yang diambil dari vokal seni pantun dinamakan lagu pantun atau papantunan, atau disebut pula lagu Pajajaran, diambil dari nama keraton Sunda pada masa lampau. Sedangkan lagu-lagu yang berasal dari bahan pupuh disebut tembang. Keduanya menunjukan kepada peraturan rumpaka (teks). Sedangkan teknik vokal keduanya menggunakan bahan-bahan olahan vokal Sunda. Namun demikian pada akhirnya kedua teknik pembuatan rumpaka ini ada yang digabungkan. Lagu-lagu papantunan pun banyak yang dibuat dengan aturan pupuh.
Pada masa awal penciptaannya, Cianjuran merupakan revitalisasi dari seni Pantun. Kacapi dan teknik memainkannya masih jelas dari seni Pantun. Begitu pula lagu-lagunya hampir semuanya dari sajian seni Pantun. Rumpaka lagunya pun mengambil dari cerita Pantun Mundinglaya Dikusumah.
Pada masa pemerintahan bupati RAA. Prawiradiredja II (1864Â1910) kesenian mamaos mulai menyebar ke daerah lain. Rd. Etje Madjid Natawiredja (1853Â1928) adalah di antara tokoh mamaos yang berperan dalam penyebaran ini. Dia sering diundang untuk mengajarkan mamaos ke kabupaten-kabupaten di Priangan, di antaranya oleh bupati Bandung RAA. Martanagara (1893Â1918) dan RAA. Wiranatakoesoemah (1920Â1931 & 1935Â1942). Ketika mamaos menyebar ke daerah lain dan lagu-lagu yang menggunakan pola pupuh telah banyak, maka masyarakat di luar Cianjur (dan beberapa perkumpulan di Cianjur) menyebut mamaos dengan nama tembang Sunda atau Cianjuran, karena kesenian ini khas dan berasal dari Cianjur. Demikian pula ketika radio NIROM Bandung tahun 1930-an menyiarkan kesenian ini menyebutnya dengan tembang Cianjuran.
Spoilerfor Cianjuran Mamaos:
Quote:
TAUCO CIANJUR
Lamun urang sok ka Cianjur
Mo poho oleh-oleh nu mashur
Rencang sangu matak uruy
Eta tauco Cianjur
Ngolebat lauk emas bibitna
Komo mun seug geus jadi paisna
Langkung niÂmat dituangna
Mo aya bandingan nana
Ngagelikna sora suling
Kacapina nu ngajentring
Haleuang sora tembangna
Quote:3. Maenpo
Spoilerfor Maenpo:
Maenpo adalah seni diri pencak silat yang menggambarkan keterampilan dan ketangguhan. Pencipta dan penyebar maenpo ini adalah R. Djadjaperbata atau dikenal dengan nama R. H. Ibrahim aliran ini mempunyai ciri permainan rasa yaitu sensitivitas atau kepekaan yang mampu membaca segala gerak lawan ketika anggota badan saling bersentuhan. Dalam maenpo dikenal ilmu Liliwatan (penghindaran) dan Peupeuhan (pukulan).
Padepokan Bojongherang Pelestari Seni Maenpo Cianjur
Spoilerfor Maenpo:
Padepokan Bojongherang yang pembangunannya belum rampung secara keseluruhan melakukan latihan awal, serta demonstrasi seni maenpo diikuti oleh sejumlah siswa SD dan SMP. Pementasan seni tradisional maenpo ini dimaksudkan untuk pengenalan seni tradisional masyarakat Sunda, sekaligus percobaan gedung baru.
Dalam sesi latihan awal tersebut juga hadir dari padepokan lainnya, setidaknya ada lima padepokan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Cianjur.
Gedung baru padepokan ini yang berlokasi di Jalan KH. Marzuki, Bojongherang, Cianjur dibangun dengan mendapat bantuan langsung dari Gubernur Jawa Barat, sebagaimana dikatakan olah Ketua Padepokan yang juga Sekertaris Umum (Sekum) Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabupaten Cianjur, Memet Muhammad Tohir mengungkapkan bahwa pendirian gedung tersebut dibantu oleh Gubemur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sebesar 200 juta.
Memet Muhamad Tohir lebih lanjut mengatakan bahwa apabila telah selesai pembangunan, padepokan ini akan melaksanakan kegiatan latihan setiap hari dan akan mengajarkan semua jurus dari seni bela diri yang berkembang di daerah Cianjur.
Ia berharap, pendirian gedung berlantai dua ini bisa menarik minat masyarakat Cianjur. Khususnya kalangan muda untuk ikut melestarikan budaya Cianjur. Menurutnya, kesenian suatu daerah akan bertahan lama, jika generasi mudanya peduli dan mau menjaga kelestarian kesenian maenfo ini Kesenian tradisional akan berkembang tergantung dari minat generasi mudanya, jika anak muda sekarang mau mencintai dan mempelajari budaya sendiri, maka budaya tersebut tidak akan punah.
Mudah-mudahan padepokan Bojongherang ini merupakan salah satu padepokan yang dapat melestarikan seni maenpo khas Cianjur sebagai warisan budaya luhur dan asli Cianjur.
Sumber
Kependudukan
Quote:Demografi
Kabupaten Cianjur, menurut Sensus Penduduk 2000, berpenduduk 1.931.480 jiwa, terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 982.164 jiwa dan perempuan 949.676 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk 2,23 %.
Kecamatan yang jumlah penduduknya terbesar adalah Kecamatan Pacet sebanyak 170.224 jiwa dan Kecamatan Cianjur sebanyak 140.374 jiwa. Kecamatan lainnya yang jumlah penduduknya diatas 100.000 jiwa adalah Kecamatan Cibeber (105.0204 jiwa), Kecamatan Warungkondang (101.580 jiwa) dan Kecamatan Karangtengah (123.158 jiwa). Kecamatan yang jumlah penduduknya terkecil adalah Kecamatan Cikadu sebanyak 36.212 jiwa. Kecamatan lainnya yang jumlah penduduknya antara 40.000 - 50.000 jiwa adalah Kecamatan Sindangbarang, Takokak, dan Sukanagara.
Quote:Ekonomi
Lapangan pekerjaan penduduk Kabupaten Cianjur di sektor pertanian yaitu sekitar 62.99 %. Sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yaitu sekitar 42,80 %. Sektor lainnya yang cukup banyak menyerap tenaga kerja adalah sektor perdagangan dan jasa yaitu sekitar 14,60%. dan pengiriman pembantu 30%.
Quote:Kepadatan Penduduk
Dengan kepadatan penduduk tidak merata:
63,90 % di wilayah utara dengan luas wilayah 30,78 %
19,19 % di wilayah tengah dengan luas wilayah 28,25 %
17,12 % di wilayah selatan dengan luas wilayah 40,70 %.
Quote:Agama
Penduduk Kabupaten Cianjur dikenal sebagai masyarakat yang religius dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Islam yang mencapai 98 %, sedangkan penduduk non muslim mencapai 2 %, dengan rincian sebagai berikut:
Penduduk beragama Islam = 1.893.203 orang (98 %)%
Penduduk beragama Kristen = 32.841 orang (1,7 %)
Penduduk beragama Budha dan Hindu = 5.796 orang ( 0,3 %).
๑۩۩₪ Kaskuser Regional Cianjur ₪۩۩๑
JOIN GROUP FACEBOOK
[FR] 2nd GATHERING KASKUSER REGIONAL CIANJUR
3rd MINI GATHERING KASKUSER REGIONAL CIANJUR
[FR] Gath#3 Baksos Ta'jil Cendol Gratis Kaskuser Regional Cianjur
Rumah Kami Yang Dulu
Kontrakan Anu Kapungkur
Laporan Keuangan Baksos Part I dan Part II
baksos reg.cianjur part#2 bantuan dana pembangunan masjid sukanagara cianjur
????? fr gath#5 & baksos#4 kaskus regional cianjur ?????
Penampakan Hasil Kegiatan Baksos Kemaren
Quote:Original Posted By blecjec âº
Spoilerfor baksos:
Quote:Original Posted By pawpaw01 âº
Spoilerfor "123":
Spoilerfor "456":
Spoilerfor "789":
Spoilerfor "101112":
TOP POSTS RECORD
info update
Quote:Original Posted By ariaGADING âº
ariaGADING Beserta Klonengan Mengucapkan
Selamat Idul Fitri 1433H
Mohon Maaf Lahir Dan Bathin
Quote:Original Posted By ariaGADING âº
Seperti yang sudah dipasang di thread http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15533080
Dibulan Ramadhan yg penuh berkah ini, Hikmah Puasa bersama Kaskus Peduli mengajak kepada seluruh kaskuser di Regional Sukabumi untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan mengumpulkan buku.
Info 13 kantong Buku :
Sumatera 1 :
Medan
Riau Raya
Minangkabau (Padang)
Aceh
Kepulauan Riau
Batam
Sumatera 2 :
Bangka-Belitung
Jambi
Palembang
Bengkulu
Lampung
DKI & Banten :
DKI Jakarta
Banten
Jabar:
Bogor
Depok
Bekasi
Bandung
Cirebon
Sukabumi
Tasikmalaya
Sumedang
Subang
Purwakarta
Kuningan
Karawang
Indramayu
Garut
Cimahi
Ciamis
Cianjur
Jateng DIY :
Yogyakarta
Karesidenan Pati
Semarang
Solo
Banyumas
Tegal
Klaten
Wonogiri
Sragen
Lawu Karanganyar
Boyolali
karesidenan kedu ( Magelang | Temanggung | Purworejo | Wonosobo | Kebumen )
Salatiga Ungaran Ambarawa
Pekalongan
Jawa Timur & Bali :
Surabaya
Jember
Gresik
Malang
Karesidenan Madiun
Karesidenan Besuki
Karesidenan Pati
Bali
Bromo
Mojokerto
Sidoarjo
Jombang
Madura
Bojonegoro
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Sulawesi 1 :
Palu
Gorontalo
Manado
Sulawesi 2:
Kendari
Makassar
Sulawesi Barat
Indonesia Timur :
Papua
Jayapura
Merauke
Manokwari
NTB
NTT
Nah, apresiasi bagi KASKUS Regional yang terbaik berdasarkan jumlah banyaknya buku yang terkumpul akan mendapatkan penghargaan pada perayaan KASKUS 13th Anniversary nanti Gan
Selain itu, KASKUS juga bakal bikin gathering event di regional tersebut sekaligus halal bihalal abis lebaran nanti Gan. Eits, Mimin juga bakalan hadir loh! Yang pasti acaranya bakalan seru banget!
Pengumpulan buku ini akan berlangsung mulai 19 Juli - 26 Agustus 2012.. Yuk, kumpulin bukunya dari sekarang! Siapa tahu regional Agan yang berhasil dapetin hadiahnya!
Nah, tunggu apalagi Gan, jangan tunda sesuatu yang baik karena yang baik pasti akan ada berkahnya bagi Agan.
Terus kumpulkan buku untuk berbagi kepada sesama Gan
Quote:Original Posted By ariaGADING âº
^
^
^
Mari Kita kumpulkan buku2 bekas
Lokasi Pengumpulan buku di Warnet PARADIS
alias warnetna kang ijul
Mohon bantuan dari kaskuser regional cianjur
apabila tetangga2 memiliki buku2 bekas agar di tampung dahulu
setelah itu kumpulkan di Warnet Paradis
namun buku2 yg masuk/terkumpul agar diinfokan via sms ke :
0857 9490 2013
Format :
Judul buku
penerbit
mohon bantuanya ya
Quote:Original Posted By ariagading âº
sumbangan design ti kang atramd kanggo cuting sticker baksos :
Spoilerfor "":
Quote:
daftar donasi untuk gath ke 4 dan baksos ke 3 dapat dilihat disini :
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=6635
Quote:baksos reg.cianjur part#2 bantuan dana pembangunan masjid sukanagara cianjur
Quote:????? fr gath#5 & baksos#4 kaskus regional cianjur ?????
Quote:Original Posted By ariaGADING âº
ariaGADING Beserta Klonengan Mengucapkan
Selamat Idul Fitri 1433H
Mohon Maaf Lahir Dan Bathin
Quote:Original Posted By ariaGADING âº
Seperti yang sudah dipasang di thread http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15533080
Dibulan Ramadhan yg penuh berkah ini, Hikmah Puasa bersama Kaskus Peduli mengajak kepada seluruh kaskuser di Regional Sukabumi untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan mengumpulkan buku.
- Pengumpulan buku berlangsung mulai tanggal 19 Juli - 26 Agustus 2012 (39 hari)
- Buku yang disumbangkan merupakan buku yang bermanfaat seperti buku pelajaran, novel, cerita fiksi / non-fiksi, buku resep, dan lain-lain (bukan majalah)
- Buku yang disumbangkan boleh buku baru atau bekas. Jika bekas, kondisinya 60% baik & layak baca
- Dalam rangka menyambut ulang tahun KASKUS yang ke-13, akan ada 13 Kantong Buku yang dapat dillihat di Peta yang ada di sini http://www.kaskus.co.id/forumdisplay.php?f=73 untuk melihat total buku yang telah terkumpul. Di peta 13 Kantong Buku, kita juga bisa cek, regional kita masuk ke Kantong Buku yang mana di peta tersebut.
Info 13 kantong Buku :
Sumatera 1 :
Medan
Riau Raya
Minangkabau (Padang)
Aceh
Kepulauan Riau
Batam
Sumatera 2 :
Bangka-Belitung
Jambi
Palembang
Bengkulu
Lampung
DKI & Banten :
DKI Jakarta
Banten
Jabar:
Bogor
Depok
Bekasi
Bandung
Cirebon
Sukabumi
Tasikmalaya
Sumedang
Subang
Purwakarta
Kuningan
Karawang
Indramayu
Garut
Cimahi
Ciamis
Cianjur
Jateng DIY :
Yogyakarta
Karesidenan Pati
Semarang
Solo
Banyumas
Tegal
Klaten
Wonogiri
Sragen
Lawu Karanganyar
Boyolali
karesidenan kedu ( Magelang | Temanggung | Purworejo | Wonosobo | Kebumen )
Salatiga Ungaran Ambarawa
Pekalongan
Jawa Timur & Bali :
Surabaya
Jember
Gresik
Malang
Karesidenan Madiun
Karesidenan Besuki
Karesidenan Pati
Bali
Bromo
Mojokerto
Sidoarjo
Jombang
Madura
Bojonegoro
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Sulawesi 1 :
Palu
Gorontalo
Manado
Sulawesi 2:
Kendari
Makassar
Sulawesi Barat
Indonesia Timur :
Papua
Jayapura
Merauke
Manokwari
NTB
NTT
Nah, apresiasi bagi KASKUS Regional yang terbaik berdasarkan jumlah banyaknya buku yang terkumpul akan mendapatkan penghargaan pada perayaan KASKUS 13th Anniversary nanti Gan
Selain itu, KASKUS juga bakal bikin gathering event di regional tersebut sekaligus halal bihalal abis lebaran nanti Gan. Eits, Mimin juga bakalan hadir loh! Yang pasti acaranya bakalan seru banget!
Pengumpulan buku ini akan berlangsung mulai 19 Juli - 26 Agustus 2012.. Yuk, kumpulin bukunya dari sekarang! Siapa tahu regional Agan yang berhasil dapetin hadiahnya!
Nah, tunggu apalagi Gan, jangan tunda sesuatu yang baik karena yang baik pasti akan ada berkahnya bagi Agan.
Terus kumpulkan buku untuk berbagi kepada sesama Gan
Quote:Original Posted By ariaGADING âº
^
^
^
Mari Kita kumpulkan buku2 bekas
Lokasi Pengumpulan buku di Warnet PARADIS
alias warnetna kang ijul
Mohon bantuan dari kaskuser regional cianjur
apabila tetangga2 memiliki buku2 bekas agar di tampung dahulu
setelah itu kumpulkan di Warnet Paradis
namun buku2 yg masuk/terkumpul agar diinfokan via sms ke :
0857 9490 2013
Format :
Judul buku
penerbit
mohon bantuanya ya
Quote:Original Posted By ariagading âº
sumbangan design ti kang atramd kanggo cuting sticker baksos :
Spoilerfor "":
Quote:
daftar donasi untuk gath ke 4 dan baksos ke 3 dapat dilihat disini :
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=6635
Quote:baksos reg.cianjur part#2 bantuan dana pembangunan masjid sukanagara cianjur
Quote:????? fr gath#5 & baksos#4 kaskus regional cianjur ?????
Quote:Quote:Pariwisata Di Cianjur Lainnya
Quote:Gunung Gede
Gunung Gede merupakan tempat paling favorit untuk pendakian dan berkemah. Hampir setiap pekan, ada saja pencinta alam yang mencoba mendaki puncak Gunung Gede setinggi 2.958 meter itu. Puncak-puncaknya dapat terlihat dengan jelas dari Cibodas Kecamatan Pacet.
Quote:Makam Dalem Cikundul
Dari kejauhan nampak di atas sebuah bukit yang sekelilingnya menghijau ditumbuhi pepohonan yang rindang, berdiri sebuah bangunan cukup megah dan kokoh. Bangunan yang sangat artistik dengan nuansa Islam itu, tiada lain makam tempat dimakamkannya Bupati Cianjur Pertama, R. Aria Wira Tanu Bin Aria Wangsa Goparana (1677 - 1691) yang kemudian terkenal dengan nama Dalem Cikundul.
Areal makam yang luasnya sekitar 300 meter itu, berada di atas tanah seluas 4 hektar puncak Bukit Cijagang, Kampung Majalaya, Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat atau sekitar 17 Km kearah utara dari pusat kota Cianjur
Quote:Taman Cibodas
Seandainya masih ada sorga di muka bumi ini, maka Cibidoas pastilah merupakan sebagian dari sorga itu. Begitulah gambaran kekaguman seorang ahli fisiologi tumbuhan Dr. F.W. Went tentang keindangan Kebun Raya Cibodas.
Dr. F.W. Went mungkin benar. Karena bila kita datang langsung ke Kebun Raya Cibodas, tak terbayangkan keindahannya. Pepohonan dan tetumbuhan nan hijau terhampar sepanjang mata memandang.
Kebun Raya yang luasnya 80 hektar yang terletak di kaki Gunung Gede-Pangrango ini sudah lama dikenal sebagai obyek wisata yang sangat menarik. Bahkan, ada yang memberikan julukan Taman Firdaus di Asia.
Quote:Taman Bunga
Ingin menikmati indahnya bunga-bunga yang sedang mekar Silahkan datang ke Taman Bunga Nusantara di daerah Puncak, Bogor. Segala macam Bunga dengan aneka warna dan bentuknya ada di sini. Taman Bunga Nusantara yang jaraknya sekitar 100 km dari Jakarta, atau 90 km dari Bandung, mengoleksi lebih dari 300 varietas bunga dari seluruh dunia.
Quote:Istana Presiden
Istana Presiden Cipanas : Istana ini dibangun pada tahun 1740 oleh Van Heuts di atas tanah seluas 25 Ha. Istana Presiden Cipanas atau lebih dikenal sebagai Istana Cipanas terletak di kaki Gunung Gede, 103 km dari Jakarta ke arah Bandung, atau 17 km dari kota Cianjur. Walau tidak dipakai, Istana Cipanas tetap terpelihara dengan baik. Pemandangan di sekitar istana yang ditumbuhi sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias memberi nuansa asri. Istana megah yang dibangun pada 1740 ini dapat dikunjungi umum dengan izin khusus dari Sekretaris Negara.
Quote:Mesjid Agung
Mesjid Agung Cianjur yang megah terletak di pusat Kota Cianjur yang dibangun pertama kali tahun 1810 M. oleh penduduk Cianjur yang tidak tercatat namanya. Dibangun di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kangjeng Dalem Sabiruddin, Bupati Cianjur ke - 4.
Quote:Situs Gunung Padang
Situs Gunung Padang di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Cianjur, merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Ini mengingat luas bangunan purbakalanya sekitar 900 m2 dengan luas areal situs sendiri kurang lebih sekitar 3 ha.
Keberadaan situs ini peratama kali muncul dalam laporan Rapporten van de oudheid-kundigen Dienst (ROD), tahun 1914, selanjutnya dilaporkan NJ Krom tahun 1949. pada tahun 1979 aparat terkait dalam hal pembinaan dan penelitian bend cagar budaya yaitu penilik kebudayaan setempat disusul oleh ditlinbinjarah dan Pulit Arkenas melakukan peninjauan ke lokasi situs. Sejak saat itu upaya penelitian terhadap situs Gunung Padang mulai dilakukan baik dari sudut arkeologis, historis, geologis dan lainnya.
Quote:Curug Citambur
Curug ini sangat indah karena merupakan air terjun +/- 40 meter, air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi sekitar curug menjadi sejuk. Terletak di Kecamatan Pasirkuda. Jarak dari kota Cianjur 65 Km
Quote:Pantai Jayanti
Pantai yang indah dan menarik berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang dan pelabuhan nelayan. Pantai ini masih alami dengan ombak yang indah dan angin bertiup perlahan-lahan menambah nyamannya berekreasi dipantai Jayanti. Terletak di kecamatan Cidaun. Jarak dari Kota Cianjur 139 Km.
Quote:Gunung Gede
Gunung Gede merupakan tempat paling favorit untuk pendakian dan berkemah. Hampir setiap pekan, ada saja pencinta alam yang mencoba mendaki puncak Gunung Gede setinggi 2.958 meter itu. Puncak-puncaknya dapat terlihat dengan jelas dari Cibodas Kecamatan Pacet.
Quote:Makam Dalem Cikundul
Dari kejauhan nampak di atas sebuah bukit yang sekelilingnya menghijau ditumbuhi pepohonan yang rindang, berdiri sebuah bangunan cukup megah dan kokoh. Bangunan yang sangat artistik dengan nuansa Islam itu, tiada lain makam tempat dimakamkannya Bupati Cianjur Pertama, R. Aria Wira Tanu Bin Aria Wangsa Goparana (1677 - 1691) yang kemudian terkenal dengan nama Dalem Cikundul.
Areal makam yang luasnya sekitar 300 meter itu, berada di atas tanah seluas 4 hektar puncak Bukit Cijagang, Kampung Majalaya, Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat atau sekitar 17 Km kearah utara dari pusat kota Cianjur
Quote:Taman Cibodas
Seandainya masih ada sorga di muka bumi ini, maka Cibidoas pastilah merupakan sebagian dari sorga itu. Begitulah gambaran kekaguman seorang ahli fisiologi tumbuhan Dr. F.W. Went tentang keindangan Kebun Raya Cibodas.
Dr. F.W. Went mungkin benar. Karena bila kita datang langsung ke Kebun Raya Cibodas, tak terbayangkan keindahannya. Pepohonan dan tetumbuhan nan hijau terhampar sepanjang mata memandang.
Kebun Raya yang luasnya 80 hektar yang terletak di kaki Gunung Gede-Pangrango ini sudah lama dikenal sebagai obyek wisata yang sangat menarik. Bahkan, ada yang memberikan julukan Taman Firdaus di Asia.
Quote:Taman Bunga
Ingin menikmati indahnya bunga-bunga yang sedang mekar Silahkan datang ke Taman Bunga Nusantara di daerah Puncak, Bogor. Segala macam Bunga dengan aneka warna dan bentuknya ada di sini. Taman Bunga Nusantara yang jaraknya sekitar 100 km dari Jakarta, atau 90 km dari Bandung, mengoleksi lebih dari 300 varietas bunga dari seluruh dunia.
Quote:Istana Presiden
Istana Presiden Cipanas : Istana ini dibangun pada tahun 1740 oleh Van Heuts di atas tanah seluas 25 Ha. Istana Presiden Cipanas atau lebih dikenal sebagai Istana Cipanas terletak di kaki Gunung Gede, 103 km dari Jakarta ke arah Bandung, atau 17 km dari kota Cianjur. Walau tidak dipakai, Istana Cipanas tetap terpelihara dengan baik. Pemandangan di sekitar istana yang ditumbuhi sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias memberi nuansa asri. Istana megah yang dibangun pada 1740 ini dapat dikunjungi umum dengan izin khusus dari Sekretaris Negara.
Quote:Mesjid Agung
Mesjid Agung Cianjur yang megah terletak di pusat Kota Cianjur yang dibangun pertama kali tahun 1810 M. oleh penduduk Cianjur yang tidak tercatat namanya. Dibangun di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kangjeng Dalem Sabiruddin, Bupati Cianjur ke - 4.
Quote:Situs Gunung Padang
Situs Gunung Padang di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Cianjur, merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Ini mengingat luas bangunan purbakalanya sekitar 900 m2 dengan luas areal situs sendiri kurang lebih sekitar 3 ha.
Keberadaan situs ini peratama kali muncul dalam laporan Rapporten van de oudheid-kundigen Dienst (ROD), tahun 1914, selanjutnya dilaporkan NJ Krom tahun 1949. pada tahun 1979 aparat terkait dalam hal pembinaan dan penelitian bend cagar budaya yaitu penilik kebudayaan setempat disusul oleh ditlinbinjarah dan Pulit Arkenas melakukan peninjauan ke lokasi situs. Sejak saat itu upaya penelitian terhadap situs Gunung Padang mulai dilakukan baik dari sudut arkeologis, historis, geologis dan lainnya.
Quote:Curug Citambur
Curug ini sangat indah karena merupakan air terjun +/- 40 meter, air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi sekitar curug menjadi sejuk. Terletak di Kecamatan Pasirkuda. Jarak dari kota Cianjur 65 Km
Quote:Pantai Jayanti
Pantai yang indah dan menarik berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang dan pelabuhan nelayan. Pantai ini masih alami dengan ombak yang indah dan angin bertiup perlahan-lahan menambah nyamannya berekreasi dipantai Jayanti. Terletak di kecamatan Cidaun. Jarak dari Kota Cianjur 139 Km.
Mengenal Seni Budaya Rengkong Asal Cianjur
Quote:
Quote:Quote:ASAL USUL
Cianjur adalah salah satu kabupaten yang secara administratif termasuk dalam Kabupaten Cianjur. Masyarakatnya sebagian besar beragama Islam dan pada umumnya menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam. Di daerah ini, tepatnya di Kampung Kandangsapi, Desa Cisarandi, Kecamatan Warungkondang ada sebuah kesenian tradisional yang bernama ÂrengkongÂ. Asal-usul kesenian ini bermula dari pemindahan padi huma (ladang) ke saung (lumbung padi). Masyarakat Jawa Barat pada umumnya, termasuk masyarakat Warungkondang (Cianjur), di masa lalu --sebelum mengenal bercocok tanam padi di sawah (sistem irigarasi)-- pada umumnya adalah sebagai peladang (ngahuma) yang berpindah-pindah. Padi ladang yang telah dituai tentunya tidak dibiarkan di ladang, tetapi mesti dibawa pulang. Mengingat bahwa jarak antara areal ladang dan pemukiman (rumah peladang) relatif jauh, maka diperlukan suatu alat untuk membawanya, yaitu pikulan yang terbuat dari bambu. Mereka menyebutnya sebagai Âawi gombongÂ. Pikulan yang diberi beban padi kurang lebih 25 kilogram yang diikat dengan injuk kawung (tali ijuk) ini jika dibawa akan menimbulkan suara atau bunyi yang dihasilkan dari gesekan antara tali ijuk dan batang pikulan itu sendiri. Dan, bunyi yang dihasilkan menyerupai suara burung rangkong (sejenis angsa). Oleh karena itu, ketika bunyi yang dihasilkan dari gesekan antara tali ijuk dan pikulan dikembangkan menjadi sebuah jenis kesenian disebut ÂrengkongÂ.
Konon, kesenian rengkong ini dikenal oleh masyarakat Warungkondang, khususnya masyarakat Kampung Sukaratu, Desa Cisarandi, sejak akhir abad ke-19. Adupan orang memperkenalkan dan atau mengembangkannya adalah Said (almarhum). Di kampung lain (Sukaratu) dikembangkan oleh seorang pengusaha genteng (1920--1967). Jadi, beban yang semula berupa padi diganti dengan genteng. Sedangkan, di Kampung Kandangsapi dikembangkan oleh Sopian sejak tahun 1967.
Quote:Quote:PERALATAN
Peralatan yang diperlukan untuk mewujudkan kesenian yang disebut sebagai rengkong ini adalah peralatan yang menghasilkan bunyi rengkong itu sendiri dengan berbagai ukuran (ada yang besar dan kecil). Peralatan itu terdiri dan atau terbuat dari pikulan, tambang ijuk, padi, dan minyak tanah. Pikulan terbuat dari dari sebatang awi gombong (bambu gombong) yang tipis dengan panjang 2 atau 2,5 meter. Ujung yang satu dan lainnya terbuka (tidak tertutup oleh ruas bambu). Kemudian, kurang lebih 30 centimeter dari ujung-ujungnya dilubangi (menyerupai kentongan) sepanjang kurang lebih 38 centimeter. Tambang ijuk yang panjangnya 2 sampai 2,5 meter berfungsi sebagai pengikat padi padi yang akan digantungkan pada sebatang awi gombong yang berfungsi sebagai pikulan. Kemudian, padi yang beratnya 20Â25 kilogram sebagai beban pikulan. Lebih dari itu dikhawatirkan pikulan akan patah. Dan, minyak tanah berfungsi sebagai pengesat gesekan antara tali dan pikulan, sehingga gesekan menghasilkan bunyi yang nyaring. Peralatan lainnya adalah dodog dan angkung buncis.
Quote:Quote:PEMAIN DAN BUSANA
Jumlah pemain rengkong secara keseluruhan ada 14 orang dengan rincian: 2 orang sebagai pembawa rengkong besar; 3 orang sebagai pembawa rengkong kecil; 4 orang sebagai pemain dodog, yaitu dodog: tingrit, tongsong, brung-brung, dan gedeblag; dan pemain angklung buncis yang terdiri atas 5 orang. Sedangkan, busana atau pakaian yang dikenakan adalah pakaian tradisional yang berupa: kampret atau pangsi, ikat kepala, dan sarung.
Quote:Quote:PEMENTASAN
Kesenian rengkong yang ada di Warungkondang ini biasanya hanya dipentaskan dalam rangka memeriahkan hari-hari besar agama dan atau nasional (17 Agustusan) dalam bentuk arak-arakan. Dalam sebuah pementasan biasanya pemain rengkong yang berjumlah 5 orang berada di barisan depan. Kemudian, diikuti oleh para pemain angklung buncis dan para pemain dodog. Namun demikian, adakalanya pementasan dikemas secara kolektif. Artinya, para pemain boleh bergerak kemana saja (bercampur jadi satu).
Quote:Quote:FUNGSI
Ketika rengkong belum dikembangkan menjadi sebuah jenis kesenian, ia semata-mata hanya berfungsi sebagai pengalihan perhatian dari seseorang yang membawa beban (padi) dengan cara dipikul. Dalam hal ini gesekan antara tali pikulan dan pikulan dimanfaatkan sebagai irama pengiring, sehingga beban yang relatif berat tidak begitu dirasakan karena karena diiringi oleh bunyi-bunyian yang khas. Dan, ketika rengkong menjadi sebuah jenis kesenian fungsinya juga tidak jauh berbeda, yaitu sebagai hiburan.
Quote:Sebagai catatan, kesenian yang disebut sebagai rengkong ini tidak hanya ada di daerah Cianjunr semata, tetapi juga di daerah Sukabumi dan Banten. Bedanya, di kedua daerah tersebut rengkong tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi ada fungsi lain yang melatarbelakanginya, yaitu ungkapan terima kasih kepada Dewi padi yang telah memberikan kesejahteraan berupa panen yang melimpah. Oleh karena itu, rengkong selalu ditampilkan dan kegiatan atau upacara penyimpanan padi ke lumbung.
Quote:Quote:NILAI BUDAYA
Kesenian adalah ekspresi jiwa manusia yang terwujud dalam keindahan. Oleh karena itu, kesenian apapun termasuk kesenian rengkong yang didukung dengan peralatan sederhana, mengandung nilai estetika (keindahan). Namun demikian, jika dikaji secara teliti kesenian yang disebut sebagai rengkong ini tidak hanya mengandung nilai estetika saja, tetapi ada nilai-nilai lainnya yang pada gilirannya dapat dijadikan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai itu antara lain adalah kerja keras dan kerjasama. Nilai kerja keras tercermin dalam membunyikan suara khas yang dihasilkan dari gesekan antara tali ijuk dan pikulan. Ini artinya, padi dengan berat tertentu dipikul. Dan, ini tentunya memerlukan kerja keras. Kemudian, nilai kerja sama tercermin dalam pementasan. Dalam hal ini tanpa kerja sama yang baik mustahil pementasan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Malahan, ada nilai lainnya (religius) sebagaimana yang ditunjukkan oleh masyarakat Sukabumi dan Banten.
Quote:
Quote:Quote:ASAL USUL
Cianjur adalah salah satu kabupaten yang secara administratif termasuk dalam Kabupaten Cianjur. Masyarakatnya sebagian besar beragama Islam dan pada umumnya menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam. Di daerah ini, tepatnya di Kampung Kandangsapi, Desa Cisarandi, Kecamatan Warungkondang ada sebuah kesenian tradisional yang bernama ÂrengkongÂ. Asal-usul kesenian ini bermula dari pemindahan padi huma (ladang) ke saung (lumbung padi). Masyarakat Jawa Barat pada umumnya, termasuk masyarakat Warungkondang (Cianjur), di masa lalu --sebelum mengenal bercocok tanam padi di sawah (sistem irigarasi)-- pada umumnya adalah sebagai peladang (ngahuma) yang berpindah-pindah. Padi ladang yang telah dituai tentunya tidak dibiarkan di ladang, tetapi mesti dibawa pulang. Mengingat bahwa jarak antara areal ladang dan pemukiman (rumah peladang) relatif jauh, maka diperlukan suatu alat untuk membawanya, yaitu pikulan yang terbuat dari bambu. Mereka menyebutnya sebagai Âawi gombongÂ. Pikulan yang diberi beban padi kurang lebih 25 kilogram yang diikat dengan injuk kawung (tali ijuk) ini jika dibawa akan menimbulkan suara atau bunyi yang dihasilkan dari gesekan antara tali ijuk dan batang pikulan itu sendiri. Dan, bunyi yang dihasilkan menyerupai suara burung rangkong (sejenis angsa). Oleh karena itu, ketika bunyi yang dihasilkan dari gesekan antara tali ijuk dan pikulan dikembangkan menjadi sebuah jenis kesenian disebut ÂrengkongÂ.
Konon, kesenian rengkong ini dikenal oleh masyarakat Warungkondang, khususnya masyarakat Kampung Sukaratu, Desa Cisarandi, sejak akhir abad ke-19. Adupan orang memperkenalkan dan atau mengembangkannya adalah Said (almarhum). Di kampung lain (Sukaratu) dikembangkan oleh seorang pengusaha genteng (1920--1967). Jadi, beban yang semula berupa padi diganti dengan genteng. Sedangkan, di Kampung Kandangsapi dikembangkan oleh Sopian sejak tahun 1967.
Quote:Quote:PERALATAN
Peralatan yang diperlukan untuk mewujudkan kesenian yang disebut sebagai rengkong ini adalah peralatan yang menghasilkan bunyi rengkong itu sendiri dengan berbagai ukuran (ada yang besar dan kecil). Peralatan itu terdiri dan atau terbuat dari pikulan, tambang ijuk, padi, dan minyak tanah. Pikulan terbuat dari dari sebatang awi gombong (bambu gombong) yang tipis dengan panjang 2 atau 2,5 meter. Ujung yang satu dan lainnya terbuka (tidak tertutup oleh ruas bambu). Kemudian, kurang lebih 30 centimeter dari ujung-ujungnya dilubangi (menyerupai kentongan) sepanjang kurang lebih 38 centimeter. Tambang ijuk yang panjangnya 2 sampai 2,5 meter berfungsi sebagai pengikat padi padi yang akan digantungkan pada sebatang awi gombong yang berfungsi sebagai pikulan. Kemudian, padi yang beratnya 20Â25 kilogram sebagai beban pikulan. Lebih dari itu dikhawatirkan pikulan akan patah. Dan, minyak tanah berfungsi sebagai pengesat gesekan antara tali dan pikulan, sehingga gesekan menghasilkan bunyi yang nyaring. Peralatan lainnya adalah dodog dan angkung buncis.
Quote:Quote:PEMAIN DAN BUSANA
Jumlah pemain rengkong secara keseluruhan ada 14 orang dengan rincian: 2 orang sebagai pembawa rengkong besar; 3 orang sebagai pembawa rengkong kecil; 4 orang sebagai pemain dodog, yaitu dodog: tingrit, tongsong, brung-brung, dan gedeblag; dan pemain angklung buncis yang terdiri atas 5 orang. Sedangkan, busana atau pakaian yang dikenakan adalah pakaian tradisional yang berupa: kampret atau pangsi, ikat kepala, dan sarung.
Quote:Quote:PEMENTASAN
Kesenian rengkong yang ada di Warungkondang ini biasanya hanya dipentaskan dalam rangka memeriahkan hari-hari besar agama dan atau nasional (17 Agustusan) dalam bentuk arak-arakan. Dalam sebuah pementasan biasanya pemain rengkong yang berjumlah 5 orang berada di barisan depan. Kemudian, diikuti oleh para pemain angklung buncis dan para pemain dodog. Namun demikian, adakalanya pementasan dikemas secara kolektif. Artinya, para pemain boleh bergerak kemana saja (bercampur jadi satu).
Quote:Quote:FUNGSI
Ketika rengkong belum dikembangkan menjadi sebuah jenis kesenian, ia semata-mata hanya berfungsi sebagai pengalihan perhatian dari seseorang yang membawa beban (padi) dengan cara dipikul. Dalam hal ini gesekan antara tali pikulan dan pikulan dimanfaatkan sebagai irama pengiring, sehingga beban yang relatif berat tidak begitu dirasakan karena karena diiringi oleh bunyi-bunyian yang khas. Dan, ketika rengkong menjadi sebuah jenis kesenian fungsinya juga tidak jauh berbeda, yaitu sebagai hiburan.
Quote:Sebagai catatan, kesenian yang disebut sebagai rengkong ini tidak hanya ada di daerah Cianjunr semata, tetapi juga di daerah Sukabumi dan Banten. Bedanya, di kedua daerah tersebut rengkong tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi ada fungsi lain yang melatarbelakanginya, yaitu ungkapan terima kasih kepada Dewi padi yang telah memberikan kesejahteraan berupa panen yang melimpah. Oleh karena itu, rengkong selalu ditampilkan dan kegiatan atau upacara penyimpanan padi ke lumbung.
Quote:Quote:NILAI BUDAYA
Kesenian adalah ekspresi jiwa manusia yang terwujud dalam keindahan. Oleh karena itu, kesenian apapun termasuk kesenian rengkong yang didukung dengan peralatan sederhana, mengandung nilai estetika (keindahan). Namun demikian, jika dikaji secara teliti kesenian yang disebut sebagai rengkong ini tidak hanya mengandung nilai estetika saja, tetapi ada nilai-nilai lainnya yang pada gilirannya dapat dijadikan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai itu antara lain adalah kerja keras dan kerjasama. Nilai kerja keras tercermin dalam membunyikan suara khas yang dihasilkan dari gesekan antara tali ijuk dan pikulan. Ini artinya, padi dengan berat tertentu dipikul. Dan, ini tentunya memerlukan kerja keras. Kemudian, nilai kerja sama tercermin dalam pementasan. Dalam hal ini tanpa kerja sama yang baik mustahil pementasan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Malahan, ada nilai lainnya (religius) sebagaimana yang ditunjukkan oleh masyarakat Sukabumi dan Banten.
Quote:
Quote:TAUCO CIANJUR
Awal makanan tauco di Cianjur diperkirakan pada tahu 1880. Waktu itu, Tan Ken Yan untuk pertama kalinya mencetuskan ide pendirian industri tauco. Ide ini didasarkan pada tingginya minat masyarakat terhadap makanan tauco dan tauco sering digunakan masyarakat sebagai penyedap dalam masakan daging, ikan, sayuran, serta sambal (Wawancara dengan Wirijati Tasma, 27 November 2008). Industri tauco pertama di Cianjur adalah Industri Tauco Cap Meong yang didirikan oleh Tan Ken Yan tahun 1880. Pendirian industri ini didasarkan pada tingginya minat pasar terhadap makanan tauco serta menjaga warisan leluhur.
Selama berdirinya, tauco Cap Meong terkenal akan kelezatan dan kualitasnya. Agar tauco ini tidak punah, Tan Ken Yan mewariskan tata cara pembuatan tauco kepada putrinya Tasma dan suaminya Babah Tasma. Penamaan meong sendiri mulai digunakan tahun 1935. Istilah meong sendiri berasal dari ditemukannya tapak kaki meong yang diyakini sebagai peliharaan Eyang Suryakencana seorang leluhur Cianjur. Setelah bercerai, Tasma melanjutkan usaha tauco Cap Meong dan Babah Tasma mendirikan industri tauco Cap Gedong. Tak lama kemudian berdiri industri tauco lainnya, seperti industri tauco cap Singa, Gajah, dan Kucing (Wawancara dengan Wirijati Tasma, 27 November 2008).
Kurang mantapnya stabilitas ekonomi pada masa kemerdekaan dan sneering, menyebabkan beberapa industri tauco mengalami gulung tikar. Dari sekian industri tauco yang ada, hanya industri tauco Cap Meong yang mampu bertahan. Sementara industri tauco lainnya mengalami gulung tikar, karena kualitas produk yang kurang begitu bagus dan tidak ada anggota keluarga yang meneruskan usaha tauco ini. Industri tauco Cap Meong mampu bertahan karena ditunjang oleh kualitas produk yang sangat bagus dan ada anggota keluarga yang meneruskan dari usaha ini.
Memasuki tahun 1960, berdiri industri Tauco Cap Biruang untuk mengikuti kesuksesan yang diperoleh industri tauco Cap Meong. Setelah itu, muncul industri tauco lainnya seperti industri tauco Cap Harimau, Macan Tutul dan tauco Djajuli Putra (Wawancara dengan MaÂmun, 19 November 2008). Namun sangat disayangkan penulis tidak dapat memperoleh data mengenai jumlah industri tauco yang berdiri pada saat itu. Dari industri-industri tersebut, Industri Tauco Cap Meong, Cap Biruang, dan Djajuli Putra yang terkenal akan rasa dan kelezatannya
Quote:TAUCO CIANJUR
Awal makanan tauco di Cianjur diperkirakan pada tahu 1880. Waktu itu, Tan Ken Yan untuk pertama kalinya mencetuskan ide pendirian industri tauco. Ide ini didasarkan pada tingginya minat masyarakat terhadap makanan tauco dan tauco sering digunakan masyarakat sebagai penyedap dalam masakan daging, ikan, sayuran, serta sambal (Wawancara dengan Wirijati Tasma, 27 November 2008). Industri tauco pertama di Cianjur adalah Industri Tauco Cap Meong yang didirikan oleh Tan Ken Yan tahun 1880. Pendirian industri ini didasarkan pada tingginya minat pasar terhadap makanan tauco serta menjaga warisan leluhur.
Selama berdirinya, tauco Cap Meong terkenal akan kelezatan dan kualitasnya. Agar tauco ini tidak punah, Tan Ken Yan mewariskan tata cara pembuatan tauco kepada putrinya Tasma dan suaminya Babah Tasma. Penamaan meong sendiri mulai digunakan tahun 1935. Istilah meong sendiri berasal dari ditemukannya tapak kaki meong yang diyakini sebagai peliharaan Eyang Suryakencana seorang leluhur Cianjur. Setelah bercerai, Tasma melanjutkan usaha tauco Cap Meong dan Babah Tasma mendirikan industri tauco Cap Gedong. Tak lama kemudian berdiri industri tauco lainnya, seperti industri tauco cap Singa, Gajah, dan Kucing (Wawancara dengan Wirijati Tasma, 27 November 2008).
Kurang mantapnya stabilitas ekonomi pada masa kemerdekaan dan sneering, menyebabkan beberapa industri tauco mengalami gulung tikar. Dari sekian industri tauco yang ada, hanya industri tauco Cap Meong yang mampu bertahan. Sementara industri tauco lainnya mengalami gulung tikar, karena kualitas produk yang kurang begitu bagus dan tidak ada anggota keluarga yang meneruskan usaha tauco ini. Industri tauco Cap Meong mampu bertahan karena ditunjang oleh kualitas produk yang sangat bagus dan ada anggota keluarga yang meneruskan dari usaha ini.
Memasuki tahun 1960, berdiri industri Tauco Cap Biruang untuk mengikuti kesuksesan yang diperoleh industri tauco Cap Meong. Setelah itu, muncul industri tauco lainnya seperti industri tauco Cap Harimau, Macan Tutul dan tauco Djajuli Putra (Wawancara dengan MaÂmun, 19 November 2008). Namun sangat disayangkan penulis tidak dapat memperoleh data mengenai jumlah industri tauco yang berdiri pada saat itu. Dari industri-industri tersebut, Industri Tauco Cap Meong, Cap Biruang, dan Djajuli Putra yang terkenal akan rasa dan kelezatannya
Quote:
Quote:Ayam Pelung
Pada awalnya ayam pelung terdapat di daerah Jawa Barat, terutama didaerah Cianjur. Namun pada perkembangannya saat ini, ayam pelung sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Ayam pelung itu sendiri termasuk jenis ayam buras (bukan ras), yaitu ayam yang berasaldari asli Indonesia. Dari bentuknya hampir sama dengan ayam buras lainnya, hanya saja pada ayam pelung terdapat beberapa kelebihan ayam pelung yang membedakan ayam pelung tersebut dengan ayam buras lain.
Quote:
Quote:Sejarah Ayam Pelung
Ada dua pendapat yang menyatakan tentang asal muasal dari ayam pelung ini.
Quote:Pertama, ayam pelung mulai dipelihara dan dikembang biakan pada tahun 1850 oleh seorang Kiai bernama H. Djarkasih, seorang penduduk Desa Bunikasih, Kecamatan Warung Kondang. Suatu ketika ia bermimpi bertemu dengan Eyang Suryakancana, yang merupakan putera Bupati Cianjur pertama. Dalam mimpi tersebut H. Djarkasih disuruh Eyang Suryakancana mengambil seekor ayam jantan yang disimpan di suatu tempat. Keesokan harinya saat sedang mencangkul di kebun, ia menemukan seekor anak ayam jantan yang besar dan tinggi. Kemudian ayam itu dipelihara dan setahun kemudian kokoknya terdengar enak dan berirama merdu.
Quote:Pendapat yang kedua, menyatakan bahwa pada 1940 seorang penduduk Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang yang bernama H. Kosim sedang bertamu kepada Gurunya. Saat itulah ia melihat seekor ayam betina sedang bersama anak-anaknya. Salah satu anak ayam tersebut terlihat berbeda, terlihat lebih besar, tinggi dan berbulu jarang. Kemudian ayam tersebut dipelihara dan dirawat dengan baik sehingga menghasilkan suara yang merdu.
Quote:Kini ayam pelung sudah banyak dikembangbiakkan di daerah pedesaan di Cianjur. Untuk mendapatkan bibit ayam ini bisa datang ke Kecamatan Warungkondang, Pacet, Cugenang, Cianjur dan Cempaka. Sedangkan untuk mendapatkan ayam pelung yang sudah menghasilkan suara bagus, Anda harus merogoh kocek lumayan besar, karena harganya bisa mencapai 10-20 juta per ekor. Sedangkan untuk ayam betinanya yang masih berproduksi bernilai 500 ribu sampai 800 ribu. Harga yang tidak murah bila dibandingkan dengan ayam biasa. Tapi bagi yang hobi dan mencintai keunikan, harga ayam pelung ini sudah sebanding dengan kelebihannya.
Quote:
Quote:Kelebihan Ayam Pelung
Kelebihan  Kelebihan ayam pelung antara lain sebagai berikut :
Quote:1. Postur badan yang besar
Ayam pelung merupakan jenis ayam buras yang paling besar bobotnya bila dibanding ayam buras lain. Ayam pelung jantan dewasa bisa mencapai bobot 5 Â 6kg/ekor, sedang ayam pelung betina maximum bisa mencapai
3,5kg/ekor. Besarnya pertumbuhan bobot ayam pelung ini menjadikan ayam pelung juga berpotensi sebagai ayam buras pedaging.
Quote:2. Perkembangan Ayam lebih Cepat
Bila dibanding dengan ayam buras lain, pertumbuhan ayam pelung lebih cepat besar, hal ini karena ayam pelung memiliki postur tubuh yang besar, sehingga perkembangan ayam pelung dari mulai anakan hingga ayam pelung dewasa akan lebih cepat besar.
Quote:3. Suara berkokok yang berlagu dan panjang
Yang paling menarik dari ayam pelung adalah suara berkokoknya yang khas yaitu, berirama/berlagu dan panjang. Ayam pelung yang berkwalitas mempunyai suara yang tidak sekedar panjang, akan tetapi suara kokok
ayam pelung yang mengalun panjang dengan berirama/berlagu seperti
ketukan bunyi burung perkutut.
Quote:
Quote:Ciri-Ciri Ayam Pelung
Quote:Badan
Postur badan ayam pelung besar, tagap dan kokoh
Quote:Kaki
Biasanya kaki ayam pelung lebih besar dan berwarna hitam kebiru-biruan
Quote:Bulu
Bulu pada ayam pelung terlihat lebih mengkilap, dan untuk warnA pada bulu ayam pelung tidak memiliki warna yang khas, pada umumnya warna ayam pelung yaitu campuran antara hitam dan merah ataupun campuran antara kuning dan putih ataupun campuran hijau.
Quote:Pial
Pial pada ayam pelung besar, bulat dan berwarna kemerahan
Quote:Jengger
Ayam pelung memiliki jengger dengan jenis jengger tunggal, bentuk jengger ayam pelung besar, tebal dan tegak, meskipun ada sebagian ayam pelung yang juga memiliki jengger miring, dan warna jengger ayam pelung adalah merah.
Quote:Suara
Suara berkokok pada ayam pelung lebih berirama/berlagu dan lebih panjang dari suara ayam buras lain.
Quote:
Quote:Kandang Ayam Pelung
Ayam pelung pedaging pada umumnya dipelihara secara intensif, yaitu ayam selalu dikandangkan. Adapun syarat-syarat kandang yang baik adalah :
Quote:Dinding kandang dapat terbuat dari papan, bilah bambo, ram kawat. Dinding kandang tidak perlu rapat, hal ini dimaksudkan untuk keleluasaan pertukaran / sirkulasi udara dalam kandang.
Quote:Arah kandang membujur timur- barat. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu kepanasan , tetapi pagi hari masih dapat memperoleh sinar matahari.
Quote:Tinggi tiang tengah ke atap minimal 3 meter dan tiang tepi minimal 2 meter.
Quote:Atap kandang dirancang sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk melindungi bangunan beserta isinya dari hujan, panas matahari atau angin.
Quote:Bentuk atap kandang biasanya :
Miring dan kedua sisi miring
Monitor dan semi monitor
Namun demikian atap monitor dan semi monitor merupakan bentuk atap yang sering digunakan di Indonesia dengan tujuan agar sirkulasi udara kandang lebih lancar. Tetapi untuk kondisi di negara Indonesia yang merupakan negara tropik maka tipe kandang yang paling sesuai adalah tipe terbuka (open house), dengan menggunakan sistim kandang litter atau slat
Quote:
Quote:Kontes Ayam Pelung
untuk menumbuhkan rasa kecintaan dalam membudidayakan ayam pelung adalah dengan diadakannya kontes - kontes ayam pelung , terutama di daerah Jawa Barat. Diadakannya kontes ayam pelung, selain sebagai sarana untuk melestarikan ayam pelung juga untuk mencari bibit  bibit ayam pelung yang berkwalitas. Sekarang ini sangat sulit menemukan bibit ayam pelung dengan suara berkokok yang bening, mengalun berirama/berlagu dan panjang. Kebanyakan ayam pelung sekarang bersuara panjang namun tidak berlagu dan suaranya pun juga tidak melengkung bening. Oleh karena itu perlu adanya kontes ayam pelung supaya bisa menemukan bibit Âbibit ayam pelung yang tidak hanya bagus postur tubuhnya tapi juga suara berkokok ayam pelung yang mengalun berirama/berlagu dan panjang.
Quote:
Quote::Peluang Bisnis:
BERTERNAK dan Budidaya ayam pelung,cukup menjanjikan untung. Sepasang ayam yang masih kecil, berumur satu bulan bisa laku antara Rp 40.000 sampai Rp 50.000, berusia dua bulan Rp 75.000 sampai Rp 100.000, tiga bulan hingga enam bulan Rp 100.000 sampai Rp 300.000.
Ketika menginjak umur tujuh bulan, saat ayam mulai berkokok dijual per ekor antara Rp 100.000 sampai Rp 400.000. Dan, lebih dewasa lagi, kalau suaranya bagus bisa laku Rp 1 juta/ ekor.
Quote:Thread Ayam Pelung Ini Menjadi Hot Thread Pada tanggal 10/10/2011
Oleh Agan ariaGADING a.k.a Rabin Dinar
Silahkan Ke TKP
Mengenal Ayam Pelung
ariaGADING From Cianjur
Logo Kaskuser Cianjur Mengambil Icon Ayam Pelung Gan
Cinderamata Khas Cianjur
Quote:Sanggar Bambu
Quote:
Aneka kerajinan dibuat dari bambu oleh pengrajin di Kota Cianjur seperti tudung saji, nampan, lampu duduk sangat artistik dan unik. Sanggar bambu ini mendapat penghargaan upakarti tahun 1992.
Lentera Gentur
Quote:
Lentera Gentur dibuat dari kuningan dan bahan kaca berwarna dengan desain yang artistik merupakan salah satu kerajinan rakyat Cianjur yang sudah terkenal, berlokasi di Kecamatan Warungkondang.
Keramik
Quote:
Kerajinan keramik berlokasi di Kecamatan Ciranjang pada satu sentra produksi dan satu unit usaha oleh lima orang pengrajin. Ruangan rumah akan bertambah anggun dan artistik bila kerajinan ini dipasang secara serasi.
Miniatur Kecapi
Quote:
Kerajinan Miniatur Kecapi terbuat dari logam atau kayu yang dibuat sesuai dengan aslinya.Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi tembang Cianjuran termasuk berbagai jenis lagu sunda lainnya.
Sangkar Burung
Quote:
Sangkar Burung, satu kerajinan yang bernilai ekonomis produktif berlokasi di Kecamatan Karangtengah. Kerajinan Sangkar Burung telah mendapat penghargaan Nasional Upakarti tahun 19
Quote:Filosofi Cianjur
Cianjur memiliki filosofi yang sangat bagus, yakni ngaos, mamaos dan maenpo yang mengingatkan tentang 3 (tiga) aspek keparipurnaan hidup. Ngaos adalah tradisi mengaji yang mewarnai suasana dan nuansa Cianjur dengan masyarakat yang dilekati dengan ke beragamaan. Citra sebagai daerah agamis ini konon sudah terintis sejak Cianjur ada dari ketiadan yakni sekitar tahun 1677 dimana tatar Cianjur ini dibangun oleh para ulama dan santri tempo dulu yang gencar mengembangkan syiar Islam. Itulah sebabnya Cianjur juga sempat mendapat julukan gudang santri dan kyai. Bila di tengok sekilas sejarah perjuangan di tatar Cianjur jauh sebelum masa perang kemerdekaan, bahwa kekuatan-kekuatan perjuangan kemerdekaan pada masa itu tumbuh dan bergolak pula di pondok-pondok pesantren. Banyak pejuang-pejuang yang meminta restu para kyai sebelum berangkat ke medan perang. Mereka baru merasakan lengkap dan percaya diri berangkat ke medan juang setelah mendapat restu para kyai. Mamaos adalah seni budaya yang menggambarkan kehalusan budi dan rasa menjadi perekat persaudaraan dan kekeluargaan dalam tata pergaulan hidup. Seni mamaos tembang sunda Cianjuran lahir dari hasil cipta, rasa dan karsa Bupati Cianjur R. Aria Adipati Kusumahningrat yang dikenal dengan sebutan Dalem Pancaniti. Ia menjadi pupuhu (pemimpin) tatar Cianjur sekitar tahun 1834-1862.
Seni mamaos ini terdiri dari alat kecapi indung (Kecapi besar dan Kecapi rincik (kecapi kecil) serta sebuah suling yang mengiringi panembanan atau juru. Pada umumnya syair mamaos ini lebih banyak mengungkapkan puji-pujian akan kebesaran Tuhan dengan segala hasil ciptaanNya. Sedangkan Maenpo adalah seni diri pencak silat yang menggambarkan keterampilan dan ketangguhan. Pencipta dan penyebar maenpo ini adalah R. Djadjaperbata atau dikenal dengan nama R. H. Ibrahim aliran ini mempunyai ciri permainan rasa yaitu sensitivitas atau kepekaan yang mampu membaca segala gerak lawan ketika anggota badan saling bersentuhan. Dalam maenpo dikenal ilmu Liliwatan (penghindaran) dan Peupeuhan (pukulan).
Apabila filosofi tersebut diresapi, pada hakekatnya merupakan symbol rasa keber-agama-an, kebudayaan dan kerja keras. Dengan keber-agama-an sasaran yang ingin dicapai adalah terciptanya keimanan dan ketaqwaan masyarakat melalui pembangunan akhlak yang mulia. Dengan kebudayaan, masyarakat cianjur ingin mempertahankan keberadaannya sebagai masyarakat yang berbudaya, memiliki adab, tatakrama dan sopan santun dalam tata pergaulan hidup. Dengan kerja keras sebagai implementasi dari filosofi maenpo, masyarakat Cianjur selalu menunjukan semangat keberdayaan yang tinggi dalam meningkatkan mutu kehidupan. Liliwatan, tidak semata-mata permainan beladiri dalam pencak silat, tetapi juga ditafsirkan sebagai sikap untuk menghindarkan diri dari perbuatan yang maksiat. Sedangkan peupeuhan atau pukulan ditafsirkan sebagai kekuatan didalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.
Sedangkan visi pembangunan Kabupaten Cianjur untuk kurun waktu 5 tahun dari tahun 2011 sampai 2016 adalah Terwujudnya Kabupaten Cianjur lebih sejahtera dan berakhlaqul karimah.
Cianjur memiliki filosofi yang sangat bagus, yakni ngaos, mamaos dan maenpo yang mengingatkan tentang 3 (tiga) aspek keparipurnaan hidup. Ngaos adalah tradisi mengaji yang mewarnai suasana dan nuansa Cianjur dengan masyarakat yang dilekati dengan ke beragamaan. Citra sebagai daerah agamis ini konon sudah terintis sejak Cianjur ada dari ketiadan yakni sekitar tahun 1677 dimana tatar Cianjur ini dibangun oleh para ulama dan santri tempo dulu yang gencar mengembangkan syiar Islam. Itulah sebabnya Cianjur juga sempat mendapat julukan gudang santri dan kyai. Bila di tengok sekilas sejarah perjuangan di tatar Cianjur jauh sebelum masa perang kemerdekaan, bahwa kekuatan-kekuatan perjuangan kemerdekaan pada masa itu tumbuh dan bergolak pula di pondok-pondok pesantren. Banyak pejuang-pejuang yang meminta restu para kyai sebelum berangkat ke medan perang. Mereka baru merasakan lengkap dan percaya diri berangkat ke medan juang setelah mendapat restu para kyai. Mamaos adalah seni budaya yang menggambarkan kehalusan budi dan rasa menjadi perekat persaudaraan dan kekeluargaan dalam tata pergaulan hidup. Seni mamaos tembang sunda Cianjuran lahir dari hasil cipta, rasa dan karsa Bupati Cianjur R. Aria Adipati Kusumahningrat yang dikenal dengan sebutan Dalem Pancaniti. Ia menjadi pupuhu (pemimpin) tatar Cianjur sekitar tahun 1834-1862.
Seni mamaos ini terdiri dari alat kecapi indung (Kecapi besar dan Kecapi rincik (kecapi kecil) serta sebuah suling yang mengiringi panembanan atau juru. Pada umumnya syair mamaos ini lebih banyak mengungkapkan puji-pujian akan kebesaran Tuhan dengan segala hasil ciptaanNya. Sedangkan Maenpo adalah seni diri pencak silat yang menggambarkan keterampilan dan ketangguhan. Pencipta dan penyebar maenpo ini adalah R. Djadjaperbata atau dikenal dengan nama R. H. Ibrahim aliran ini mempunyai ciri permainan rasa yaitu sensitivitas atau kepekaan yang mampu membaca segala gerak lawan ketika anggota badan saling bersentuhan. Dalam maenpo dikenal ilmu Liliwatan (penghindaran) dan Peupeuhan (pukulan).
Apabila filosofi tersebut diresapi, pada hakekatnya merupakan symbol rasa keber-agama-an, kebudayaan dan kerja keras. Dengan keber-agama-an sasaran yang ingin dicapai adalah terciptanya keimanan dan ketaqwaan masyarakat melalui pembangunan akhlak yang mulia. Dengan kebudayaan, masyarakat cianjur ingin mempertahankan keberadaannya sebagai masyarakat yang berbudaya, memiliki adab, tatakrama dan sopan santun dalam tata pergaulan hidup. Dengan kerja keras sebagai implementasi dari filosofi maenpo, masyarakat Cianjur selalu menunjukan semangat keberdayaan yang tinggi dalam meningkatkan mutu kehidupan. Liliwatan, tidak semata-mata permainan beladiri dalam pencak silat, tetapi juga ditafsirkan sebagai sikap untuk menghindarkan diri dari perbuatan yang maksiat. Sedangkan peupeuhan atau pukulan ditafsirkan sebagai kekuatan didalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.
Sedangkan visi pembangunan Kabupaten Cianjur untuk kurun waktu 5 tahun dari tahun 2011 sampai 2016 adalah Terwujudnya Kabupaten Cianjur lebih sejahtera dan berakhlaqul karimah.
Tembang Cianjuran
Quote:Quote:Saat ini, Tembang Cianjuran kerap menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah pertunjukkan kesenian pada acara-acara penyambutan tamu bagi masyarakat Sunda, seperti pernikahan ataupun khitanan. Alunan suara sekar (sinden) yang merdu diiringan instrumen kecapi dan suling membuat suasana lebih anggun, santun, khidmat dan penuh dengan ramah-tamah. Sehigga para tamu yang datang pasti akan hanyut terbawa suasana yang ada. Jika dikatakan Tembang Cianjuran adalah musik sunda yang memiliki warna musik begitu mempesona, anggun, lembut dan halus. Hal tersebut memang sangat erat hubungannya dengan cikal bakal dan perkembangan Tembang Cianjuran.
Quote:Seni Tembang Cianjuran lahir dari hasil cipta rasa dan karsa Bupati Cianjur IX, R. Aria Adipati Kusumaningrat (1834-1861), atau lebih sering dikenal dengan sebutan ÂDalem PancanitiÂ. Namun dalam penyempurnaannya hasil ciptaannya tersebut, dalem Pancaniti dibantu oleh seniman kabupaten yaitu: Rd. Natawiredja, Aem dan Maing Buleng. Ketiga orang inilah yang kemudian mendapat izin Dalem Pancaniti untuk menyebarkan lagu-lagu Cianjuran.
Quote:Pada zaman pemerintahan R.A.A Prawiradiredja II (1861-1910), seni Tembang Cianjuran disempurnakan lagi aturannya. Dengan ditambah iringan suara kecapi dan suling, maka lahirlah Tembang Cianjuran yang dikenal sampai saat ini.
Quote:Tembang Cianjuran pada awalnya merupakan musik yang penuh prestise para bangsawan. Oleh sebab itu, kehadiran Tembang Cianjuran pada awalnya diperuntukkan bagi para pejabat atau masyarakat kelas tinggi. Dan karena itu juga tempat pertunjukkannya selalu berada pada pendopo-pendopo kabupaten. Biasanya untuk acara-acara resmi penyambutan tamu bupati atau upacara-upacara resmi hari besar nasional.
Quote:Namun dalam pertumbuhan dan perkembangannya seiring dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam masyarakat Tembang Cianjuran telah menjadi begitu akrab dimasyarakat. Tembang Cianjuran yang tadinya hanya dapat dinikmati oleh kaum bangsawan, berkembang menjadi musik yang berakar pada tradisi kerakyatan. Kini, Tembang Cianjuran sangat mudah ditemui dalam acara pesta-pesta perkimpoian masyarakat cianjur (Sunda).
Quote:Penikmat Tembang Cianjuran memang tidak sebanyak jenis kesenian lain, seperti musik pop. Tetapi peminat dan penikmat Tembang Cianjuran cukup signifikan. Beberapa seniman seniman Tembang Cianjuran mengembangkan yang tidak terbatas lagi pada Kacapi Suling Tembang Cianjuran tetapi juga Kacapi Suling Pop Cianjuran.
Quote:Meski ditelan badai modernasi Tembang Cianjuran termasuk jenis kesenian yang masih mendapat respon positif dari masyarakat global, kehadirannya diterima baik oleh semua pihak. Baik masyarakat lokal maupun internasional ikut serta melestarikan warisan budaya sunda ini. Buktinya, sampai saat ini masih banyak dijumpai para mahasiswa asing yang serius mempelajari kesenian Tembang Cianjuran. Beberapa diantaranya adalah mahasiswa berasal Amerika Serikat, Norwegia , Eropa, Jepang, dan negara Asia lainnya.
Quote:Mempelajari Seni Sunda Tembang Cianjuran tidaklah terlalu sulit, walupun tidak semudah mempelajari Seni Sunda Angklung misalnya. Tingkat kesulitan mempelajari Tembang Cianjuran bergantung pada grade atau level saat mereka mencoba memainkan alat musik tersebut. Seorang pemula yang belum pernah sama sekali memainkan alat musik tembang kecapi suling cianjuran kira-kira akan memakan waktu 3-6 bulan untuk memainkan jenis musik yang diinginkan.
Quote:Rasanya kurang pas jika seseorang hanya mempelajari bagaimana memainkan instrumen-instrumen dan olah vokal Tembang Cianjuran saja. Sebab seni ini memiliki kekayaan budaya yang tersimpan. Salah satunya adalah kandungan arti yang tersimpan di balik syair-syairnya. Dalam setiap syair-syairnya sang penikmat dapat menemukan sebuah vocal wisdom (kearifan vokal) berupa alam yang harmoni, keseimbangan, rendah hati, kasih sayang, kebijakan dll. Peminat Tembang Cianjuran dituntut untuk mengungkap pesan-pesan yang tersimpan dalam isi syairnya. Tembang Cianjuran kini menjadi pembeda di tengah hingar-bingar budaya pop yang semakin mengglobal.
Quote:Tembang Cianjuran sangat kental dengan identitas kesundaannya. Akan sangat disayangkan bila para generasi muda mulai meninggalkan kesenian ini. Di tengah krisis kehilangan identitas bangsa ini, ada sebuah pertanyaan yang patut di kemukakan: Jika orang asing dengan serius mempelajari Tembang Sunda Cianjuran, masih adakah alasan bagi generasi muda untuk meninggalkannya?.
Quote:Di tempat kelahirannya, Cianjur, sebenarnya nama kesenian ini adalah mamaos. Dinamakan tembang Sunda Cianjuran sejak tahun 1930-an dan dikukuhkan tahun 1962 ketika diadakan Musyawarah Tembang Sunda sa-Pasundan di Bandung. Seni mamaos merupakan seni vokal Sunda dengan alat musik kacapi indung, kacapi rincik, suling, dan atau rebab.
Quote:SEJARAH
Mamaos terbentuk pada masa pemerintahan bupati Cianjur RAA. Kusumaningrat (1834Â1864). Bupati Kusumaningrat dalam membuat lagu sering bertempat di sebuah bangunan bernama Pancaniti. Oleh karena itulah dia terkenal dengan nama Kangjeng Pancaniti. Pada mulanya mamaos dinyanyikan oleh kaum pria. Baru pada perempat pertama abad ke-20 mamaos bisa dipelajari oleh kaum wanita. Hal ituTerbukti dengan munculnya para juru mamaos wanita, seperti Rd. Siti Sarah, Rd. Anah Ruhanah, Ibu Imong, Ibu OÂoh, Ibu Resna, dan Nyi Mas Saodah.
Bahan mamaos berasal dari berbagai seni suara Sunda, seperti pantun, beluk (mamaca), degung, serta tembang macapat Jawa, yaitu pupuh. Lagu-lagu mamaos yang diambil dari vokal seni pantun dinamakan lagu pantun atau papantunan, atau disebut pula lagu Pajajaran, diambil dari nama keraton Sunda pada masa lampau. Sedangkan lagu-lagu yang berasal dari bahan pupuh disebut tembang. Keduanya menunjukan kepada peraturan rumpaka (teks). Sedangkan teknik vokal keduanya menggunakan bahan-bahan olahan vokal Sunda. Namun demikian pada akhirnya kedua teknik pembuatan rumpaka ini ada yang digabungkan. Lagu-lagu papantunan pun banyak yang dibuat dengan aturan pupuh.
Pada masa awal penciptaannya, Cianjuran merupakan revitalisasi dari seni Pantun. Kacapi dan teknik memainkannya masih jelas dari seni Pantun. Begitu pula lagu-lagunya hampir semuanya dari sajian seni Pantun. Rumpaka lagunya pun mengambil dari cerita Pantun Mundinglaya Dikusumah.
Pada masa pemerintahan bupati RAA. Prawiradiredja II (1864Â1910) kesenian mamaos mulai menyebar ke daerah lain. Rd. Etje Madjid Natawiredja (1853Â1928) adalah di antara tokoh mamaos yang berperan dalam penyebaran ini. Dia sering diundang untuk mengajarkan mamaos ke kabupaten-kabupaten di Priangan, di antaranya oleh bupati Bandung RAA. Martanagara (1893Â1918) dan RAA. Wiranatakoesoemah (1920Â1931 & 1935Â1942). Ketika mamaos menyebar ke daerah lain dan lagu-lagu yang menggunakan pola pupuh telah banyak, maka masyarakat di luar Cianjur (dan beberapa perkumpulan di Cianjur) menyebut mamaos dengan nama tembang Sunda atau Cianjuran, karena kesenian ini khas dan berasal dari Cianjur. Demikian pula ketika radio NIROM Bandung tahun 1930-an menyiarkan kesenian ini menyebutnya dengan tembang Cianjuran.
Quote:PERTUNJUKAN
Sebenarnya istilah mamaos hanya menunjukkan pada lagu-lagu yang berpolakan pupuh (tembang), karena istilah mamaos merupakan penghalusan dari kata mamaca, yaitu seni membaca buku cerita wawacan dengan cara dinyanyikan. Buku wawacan yang menggunakan aturan pupuh ini ada yang dilagukan dengan teknik nyanyian rancag dan teknik beluk. Lagu-lagu mamaos berlaras pelog (degung), sorog (nyorog; madenda), salendro, serta mandalungan. Berdasarkan bahan asal dan sifat lagunya mamaos dikelompokkan dalam beberapa wanda, yaitu: papantunan, jejemplangan, dedegungan, dan rarancagan. Sekarang ditambahkan pula jenis kakawen dan panambih sebagai wanda tersendiri. Lagu-lagu mamaos dari jenis tembang banyak menggunakan pola pupuh Kinanti, Sinom, Asmarandana, dan Dangdanggula, serta ada di antaranya lagu dari pupuh lainnya.
Lagu-lagu dalam wanda papantunan di antaranya Papatat, Rajamantri, Mupu Kembang, Randegan, Randegan Kendor, Kaleon, Manyeuseup, Balagenyat, Putri Layar, Pangapungan, Rajah, Gelang Gading, Candrawulan, dsb. Sementara dalam wanda jejemplangan di antaranya terdiri dari Jemplang Panganten, Jemplang, Cidadap, Jemplang Leumpang, Jemplang Titi, Jemplang Pamirig, dsb. Wanda dedegungan di antaranya Sinom Degung, Asmarandana Degung, Durma Degung, Dangdanggula Degung, Rumangsang Degung, Panangis Degung dan sebagainya. Wanda rarancagan di antaranya; Manangis, Bayubud, Sinom Polos, Kentar Cisaat, Kentar Ajun, Sinom Liwung, Asmarandana Rancag, Setra, Satria, Kulu-kulu Barat, Udan Mas, Udan Iris, Dangdanggula Pancaniti, Garutan, Porbalinggo, Erang Barong dan sebagainya. Wanda kakawen di antaranya: Sebrakan Sapuratina, Sebrakan Pelog, Toya Mijil, Kayu Agung, dan sebagainya. Wanda panambih di antaranya: Budak Ceurik, Toropongan, Kulu-kulu Gandrung Gunung, Renggong Gede, Panyileukan, Selabintana, Soropongan, dsb.
Pada mulanya mamaos berfungsi sebagai musik hiburan alat silaturahmi di antara kaum menak. Tetapi mamaos sekarang, di samping masih seperti fungsi semula, juga telah menjadi seni hiburan yang bersifat profit oleh para senimannya seperti kesenian. Mamaos sekarang sering dipakai dalam hiburan hajatan perkimpoian, khitanan, dan berbagai keperluan hiburan atau acara adat.
Sensus Wargi Cianjur
Quote:Berhubung Kaskus Regional Cianjur Ingin mengalami kemajuan
(Rencana ingin diajukan Sub Forum Regional Cianjur)
Maka Kali Ini saya Ingin Mensensus Warga2 Cianjur yg memiliki ID kaskus.
Quote:"Dimulai dari sekarang"
Quote:Contoh :
ID : ariaGADING
Nama : Rabin Dinar
Quote:Klonengan tidak diakui
Silahkan Quote dan balas sesuai Format
Silahkan dimulai
Quote:Quote:Salah Satu Olah Raga Yang Di Gemari
Warga Cianjur Selatan
Quote:
Motor Cross
:Base Camp Regional Cianjur Ane Nyatakan Ditutup:
Quote:Original Posted By ariaGADING âº
Walix heula yeuh...
mangga lanjut deuih we nya
sumuhun kang
mangga dilanjut lah
Quote:Original Posted By atramd âº
wios lah kang
ameh teu kedah ngedit
wkwkwkwkwk...
atos kang
mangga lah lanjut
bumi enggal
mudah2an tiasa rame deui
urang gembok heula pekiwan
mudah2an tiasa rame deui
urang gembok heula pekiwan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar